Adzan dilarang pakai Pengeras suara ? Ustadz Abdul Somad, Lc. MA

I'M SINTESA

I'M SINTESA

2 503 474 Ditonton2 833

    link full : id-news.com/online/video-4nwoh0zzlf8.html
    ADZAN tak perlu TERIAK TERIAK
    DAN tak perlu PAKAI PENGERAS SUARA
    .
    Mengapa adzan harus dikumandangkan keras-keras?
    Pakai speaker pula. Apa tidak mengganggu yang lain yang bukan orang muslim?
    .
    Adalah teman saya, yang kebetulan non muslim, bertanya kepada saya, “Kenapa kalau adzan harus dibunyikan keras-keras dengan speaker pula?”.
    .
    Saya yang bukan ahli agama kemudian berpikir sejenak mencari jawaban yang mudah dicernanya, menjawab seperti ini
    .
    “Bro, adzan itu adalah panggilan sholat, pasti dong namanya panggilan tidak mungkin dengan cara yang sama seperti berbicara atau berbisik-bisik”.
    .
    Teman saya membalas “Tapi kan di orang-orang sekitar tidak semuanya muslim?”.
    .
    Saya jawab lagi “Benar. Bro, kita sekarang sedang ada di bandara, dengar kan announcement bandara selalu memberikan panggilan boarding?
    .
    Apakah kamu juga mempertanyakan ke mereka mengapa melakukan panggilan boarding pesawat YANG LAIN keras-keras padahal bukan panggilan pesawatmu?”
    .
    Dia tersenyum namun membalas lagi “Tapi kan hari gini semua orang sudah tahu dengan teknologi jam berapa waktu sholat apa, apa masih harus adzan keras-keras?”.
    .
    Saya pun kemudian menjawab “Ya setiap penumpang juga kan sudah tau jadwal penerbangannya sejak pesan dan memegang tiket, kemudian check-in, sudah tercetak jadwal keberangkatannya di boarding pass, sudah masuk ruang tunggu, tapi tetap bandara melakukan panggilan boarding bukan?
    .
    Dan ada satu hal lagi mengapa adzan harus dikumandangkan, itu bukan hanya sebagai penanda sudah masuk waktu sholat tapi benar-benar panggilan sholat, karena kami harus menyegerakan sholat.
    .
    Sama halnya semua penumpang harus menyegerakan masuk pesawat setelah panggilan boarding, walaupun masih ada waktu naik pesawat sampai pesawat tutup pintu”.
    .
    Kali ini senyumnya bertambah lebar, lalu dia setengah memeluk saya sambil menepuk-nepuk bahu saya dan berkata “Super .. I got it bro“
    Note.
    Masih banyak orang tidak rela ketinggalan Pesawat dibanding ketinggalan Sholat
    .
    Bahkan lebih rela menunggu pesawat yang belum datang dibandingkan menunggu Azan datang...
    ayo kita share rame-rame di WA
    kita masing-masing biar mereka yang kepanasaan dengar adzan, mudah-mudahan terbuka hatinya... Aamiin
    .
    Hayya 'Alash Sholah = Ayo Sholat..
    Hayya 'Alal Falah = Ayo Sukses..
    .
    Sholat adalah jalan KESUKSESAN dunia akherat
    Wassalam

    Dipublikasikan tanggal 15 hari yang lalu

    Komentar

    1. Satria Dinata

      Sehat selalu pak Ustadz Abdul somad.

    2. Ariyanto Yanto

      Lebih bagus sih gak usah pakai toa luar....

    3. Ejess Sakinah Mawaddah Warohim

      Pak ustad bolehkah kita adzan dengan rekaman?

    4. Patrick Vercelli

      aku sebagai non muslim menggap nggak mempermasalahkan suara adzannya. ya yang sewajarnya aja.

    5. Alpanda

      Ahhhh kontoll

    6. Sampit Work

      Ustadz somad ke banggaan Q

    7. Widodo Slamet

      HOAX

    8. Ahmad Haq

      gak jelas, saya muslim kota saya boycot abdul somad

    9. Heri Roswati

      lah kalo azdan nya pelan2 pada kaga denger lah. aneh banget ni yg ngelarang azdan pelan2

    10. Robili Aja

      soaoan lw

    11. Ervin Widya

      Suara azan klu perlu dibesarkan jgn sampai dikecilkan tp didlm masjid.supaya sama2 dengar.

    12. Zubaidah Siti

      PKI takut sama Adzan.

    13. PHP 2018

      Perbedaanlah yang menjadi kuat NKRI sampai saat ini..

    14. Cak Soni

      Adzan itu mengingakan 5 peristiwa Yesus Kristus, mulai dari isya jam 19.00 (perjamuan terahir), subuh jam 04.30 (Yesus di taman Getsemani), Lohor/Zuhur jam 12 siang (Yesus dihukum mati), Azar jam 15.00 (Yesus wafat), dan Magrib jam 18.00 (Yesus dimakamkan). Jadi Umat Kristiani justru berterima kasih dengan adanya suara adzan karena itu artinya waktunya berdoa, mendekatkan diri kepada Tuhan.

    15. m.rayhan Finance

      L

    16. dewi dewi

      ustad gila

    17. Noni Loli

      Yg melarang suara adzan dgn pengeras suara itu org org yg lemah imannya dan bs jg sudah disusupi ideologi yg tdk bener alias sesat...perlu di telusuri siapa yg prtama kali menghembuskan wacana tsb.ht ht dgn paham komunis...bs jg wacana tsb berhembus dr kelompok tsb,naudzubillahi mindzalik...

    18. Adit Masriadi

      Alhamdulillah

    19. Mastono Tono

      y allah jaga negri tercinta kmi ini y allah

    20. Mis Niana

      Mana video yg jokowi melarang c azan yg kuat

    21. Ilham Ahmad

      yg dislike kafir, munafiq.

    22. heri simamora

      Mari Indonesia bersatu, jgn ganggu agama lain. Utamakan toleransi beragama. Silahkan azan, yg disuruh azan itu manusia, bukan tape recorder atau alat electronic lainnya. Di Medan-Binjai/Sumut dan sekitarnya mesjid2 sdh banyak yg sengaja menghidupkan toa/suara ngaji atau nyanyian qasidah pada saat pagi(umat kristen sedang beribadah digereja), padahal sepuluh tahun yg lalu tdk seperti ini. Apa ini maksudnya??? Cobalah buktikan sendiri, datanglah ke Medan-Binjai dan sekitarnya. Kenapa umat kristen selalu diganggu dan dihina dgn perkataan kafir. Padahal ajaran kristen juga percaya hanya melalui Yesus Kristus orang dapat masuk surga, dan jika tdk melalui Yesus, maka tdk masuk surga alias kafir. Tapi umat kristen dilarang mengatakan kafir kpd siapapun juga. Hanya kaum kateka(kafir teriak kafir) yg suka dan sering mengatakan org lain kafir. Mari kita koreksi diri..... Hidup NKRI..... Pancasila.....Abadi!

    23. Jaka Sembung

      Yg larang adzan pake pengeras suara hanya Dazal kecil ...iblis berbentuk manusia.... Damailah dan bersatulah wahai saudaraku sebangsa dan setanah air

    24. And justice for all !

      Toleransi wajib di republik ini. Negara ini milik agama lain juga. Kalau tidak bisa bubar.

    25. Nur Fadilla

      ok

    26. Irfan Mansyur

      klo azan di larang pke alat pengeras.. knpa klo dangdutan di bolehin

    27. Angga Angga Steela

      Kic kic kic,. Lucu kali Ustadz Abdul Shomad ini

    28. Angga Angga Steela

      Panjang kan umur Ustadz Abdul Shomad YaAllah

    29. Azwar Yahya

      Ayo umut islam kita kuburkan kita rukiyah si lukman taik

    30. M. Faisal

      Mintaalkoran

    31. Ronny Arjun

      hajar aja orang yank buat aturan yg aneh2 gitu

    32. abdul jalil

      Bukan nurunin dollar Malah nurunin vol azan?

    33. Kean Febrian

      Waduk lh

    34. Telpon Genggam

      ENGGA BECUS NGURUS NEGARA MALAH NGURUSIN SUARA ADZAN MEMALUKAN

    35. Jumani Jumani

      Nggonku raono sing nglarang.

    36. Marhaen Silaban

      Sbnarnya bukan seruan azan yg diprsoalkn,karna paling hny bbrapa menit saja ,tp mngkin kaset yg jg sering dipasang di mesjid..jangan terlalu diperbesarbesar,,agar diclarifikasi lg,suara apa sbnarnya azan atau kaset..?

    37. Arif Rahmathakim

      Semoga yg dislike dpat hidayat atau dipercepat mautnya🤓

    38. Rossa Dini

      Sehat terus pak ustad...semoga allah melindunggi mu...

    39. Nur liz

      Semoga ust selalu di beri kelancaran dalam setiap ceramahnya. Aamiin

    40. Aripin Saputra

      Kudu d' rudal manusa kitu mah ustd. Sehat sllu tuan guru Bgor nyimak uas

    41. jadoel ida

      Ademmm banget dengerin ceramah ustad abdul somad

    42. putra radza

      Menteri agamanya waktu lahir kedunia bukan diazankan tapi disetelkan musik rock ketelinganya. Entar kalo mati kaga usah diazankan disetelkan musik rock aja. Haaaa haaa.

    43. Sunardi Dedi

      UstaD abdul somat kapan ke aceh lagi

    44. no name

      org indo kebanyakan sumbu pendek hehehe... trs yg sebarin brita jg kompor bgt dah..kdg ga sesuai dgn yg di TKP. tp ywdahlah yah..dsitulah manusia2 diuji oleh Tuhan.Smoga Tuhan mengampuni bpk2 dan ibu2 yg membenci kami umat nasrani krn kami jg ciptaan Tuhan yg Maha Kuasa dan Maha Mulia..kami difitnah pun diam, agama dan kitab kami pun direndahkan kami jg ttp diam..kami ga prnh membuat kerusuhan dan demo membela agama kami,membela Tuhan yg kami sembah, membela kitab suci kami..krn Allah yg kami sembah Allah yg penuh kasih tdk mengajarkan kami untuk membalas kejahatan dgn kejahatan.Allah yg kami sembah mengajarkan kami sll mengasihi dan mengampuni org bersalah kpd kami..Tuhan berkati bpk2 dan ibu2 yg membenci kami umat nasrani dan trkadang jd hakim atas kami.Hanya Tuhan Allah Hakim yg Agung dan Dia akan dtg pd wktunya untuk menghakimi umat manusia.

    45. Aura Kasih

      Dilarang??? Di komplain tidak sama dengan dilarang..

    46. Jajang Bejo

      Mungkin telinganya lelah pingin denger azip azip wkwkwkwk Padahal adzan nggak lama trs ada waktunya trs kenapa ya ada apa di telinga mereka

    47. Alif Zuni

      Saya ya toleran

    48. Alif Zuni

      Ya

    49. rizqi pelo

      YG NYALAHKAN JOKOWI TOLOL,GOBLOK,BEGO!

      1. Tata Ziya

        rizqi pelo, elu ya?

    50. Borken Borken

      #2019GantiPresiden ustad emng Rejim ini keterlaluan masa suara Azhan di suruh buat perkecil kn aneh baru yg sampaikan itu muslim lagi