BERUBAH DI DETIK AKHIR;MAHFUD DITOLAK 3 PARPOL;MAKRUF AMIN CAWAPRES JOKOWI;SUDAH DEKLARASI;UAS TGB;

Inspirasi News

Inspirasi News

306 521 Ditonton413

    Kejutan datang di detik-detik pengumuman cawapres Joko Widodo. Setelah Ma'ruf Amin disebut jadi cawapres Jokowi, Mahfud Md mendadak 'hilang'. Ke mana?
    Sejak kemarin, nama Mahfud Md menguat disebut sebagai cawapres Jokowi. Saat dihubungi sore ini, Mahfud mengaku diminta stand by sejak semalam dan menyerahkan CV sebagai cawapres Jokowi pagi tadi.
    Bahkan Mahfud Md sudah menjahit kemeja putih, yang diketahui menjadi ciri khas Jokowi. Saat dihubungi, dia menyebut hal ini adalah panggilan sejarah.

    "Pertama, panggilan sejarah. Saya kan aktivis, ingin terus ada di medan perjuangan," kata Mahfud kepada detikcom, Kamis (9/8/2018).
    Baca juga: Detik-detik Mahfud Md Diminta Jadi Cawapres Jokowi Pagi Tadi

    Sore ini, Jokowi dan ketum-ketum parpol koalisi bertemu di Plataran Menteng. Mereka rapat untuk meneken dokumen capres-cawapres.
    Sementara itu, Mahfud Md juga diketahui berada di sebuah restoran di kawasan Menteng. Lokasinya tidak jauh dari Plataran Menteng.
    Baca juga: 9 Ketum Pro-Jokowi Teken Dokumen Dukungan Capres-Cawapres

    Pantauan detikcom di restoran Tesate, Menteng, pada pukul 17.30 WIB, Mahfud Md sudah tidak terlihat. Di sisi lain, dia tidak ada di rapat koalisi Jokowi.
    Hingga akhirnya pada pukul 17.40 WIB, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding membuat kabar mengejutkan. Dia menyebut cawapres Jokowi adalah Ma'ruf Amin.
    Baca juga: Sekjen PKB: Cawapres Jokowi Ma'ruf Amin

    "Rapat antara Pak Jokowi dan ketum-ketum, sekjen partai pendukung, memutuskan Prof Dr Kh Ma'ruf Amin sebagai calon wapres Pak Jokowi," kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding lewat Twitter, Kamis (9/8/2018). (imk/van)
    cawapres jokowi pilpres 2019 ma''ruf amien cawapres jokowi ma''ruf amin jokowi-ma''ruf amin

    Dipublikasikan tanggal 6 bulan yang lalu

    Komentar

    1. Inspirasi News

      Dramatis, Kronologi mahfud md batal cawapres, sudah pake kemeja putih diminta jokowi, klik videonya di link berikut.id-news.com/online/video-sEexbkDw0x4.html

      1. alif Oemry

        oi azza menurut pandangan aku pak maaruf amin dipilih krn beliau sesepuh dari NU dan ketua MUI (massanya banyak) ya klo aku juga lebih suka TGB. lagian sama aja nya itu kedua kubu, namana juga politik

      2. alif Oemry

        Ros Linda www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/p8s4y5330 mahatir hanya akan menjabat 1-2 tahun saja kemudian digantikan anwar ibrahim. baca berita makanya mbak. lagian mahatir itu bapak pembangunan malaysia. yg bangun malaysia jd modern itu ya mahatir. beda dong dgn cawapres skrang.

      3. Ramzun Ahmad

        Lebih dramatis lg batal karena digeser kardus.

      4. Ros Linda

        alif Oemry pm malasya aja umur nya 93 thn ok saja

      5. oi azza

        +alif Oemry ya kalau dipilihnya makruf amin bisa menyatukn partai koalisi,lihat yg sebelah belum apa2 sdh saling sikut antara demokrat dan gerindra,jujur q lebih suka tgb,tapi kalau jokowi pilih tgb juga pasti dicr kekurangannya lagi,pasti dibilang penjilat ,dll

    2. herru s

      bukan masalah anti dan tidak anti ulama Pikir ada apa sebenarnya Sbb Pak Kiai sudah sepuh, pantasnya itu membimbing dan memantau atau menasehati bukanya terjun kelapangan menjadi politisi, Beliau dipilih karna negara butuh atau karna parpol yang butuh sebagai cawapres Apakah karna beliau punya umat banyak , biar dapat suara, atau karna Allah untuk memajukan umat Ingat beliau hanya di calonkan sebagai wakil, tetap keputusan adalah sang pemimpin. Sekedar saran bukan berpihak pada yang lain Apa bila kalian muslim maaf coba minta petunjuk sama Allah dengan cara sholat istikharah, agar kita tak salah pilih. Sbb baik buruknya negara kita tergantung pilihan kita nanti. Dan juga apa bila beliau menang pemilihan jangan sampe ditinggal diibaratkan Mobil mogok yang butuh didorong setelah hidup langsung jalan tak perduli siapa yang dorong

    3. Acim Supriadise

      Dua pasangan pilpres RI 2019 yg cerdas, dua2nya muslim...insyaallah nanti di akhirat masuk surga...amin!!!! Karena dua-duanya brtujuan sejahterakanbangsa indonedia yg msyoritas ,Islam....

    4. Acim Supriadise

      Dua pasangan pilpres RI 2019 yg cerdas, dua2nya muslim...insyaallah nanti di akhirat masuk surga...amin!!!!

    5. Islam rahmatan lilalamin

      pemilihan jokowi kpd ma'ruf amin bukan sejalan hatinya, tapi hatinya di jalankan koalisinya, ini sangat di sayangkan

    6. Papah Geming

      Memilih pemimpin itu ada tiga kreteria : 1. amanah = Dipercaya, 2. Shiddiq = Jujur, 3. Fathonah = Cerdas. Kalau perkataannya saja sering berdusta, berjanji palsu bagaimana mau jadi pemimpin... !!! #2019HarusGantiPresiden

    7. Wicak Wiski

      yang penting Jokowi presidennya, masalah wapresnya ora urus...

    8. kja sduc

      Nyinyir n kecewa berat pak mahfud diganti eyang makruf amin semoga dikasih kesabaran ya pak mahfud

    9. Yayat Hidayat

      katanya ulama jangan dibawa bawa keranah politik......eh jilat ludah nya sendiri.pilih ulama. hahahah

    10. Andriansyah 81

      golput

    11. KErja, CEpat, BOhoNG KECEBONG

      pak kiai tolong liat umat, kok pak kiai mendukung pemerintahan yg nangkepin ulama, islam adalah rohmatan lil'alamin bukan PBNU aja, kalo gini islam di indonesia bisa kayak di syuriah, dan pihak ke 3 yg tertawa, politik adu domba ini,.... isu PKI bangkit kayaknya bisa terjadi ini...... umat jadi dilema simalakama. "ihdinassirhotol mustaqim" yaa ALLOH.

    12. Cotton Bud

      Ha ha ha ,Tega nian.Mahfud MD dikadali Jokowi dan PDIP.

    13. Cotton Bud

      Ha ha ha tega nian.Maahfud MD dikadali Jokowi dan PDIP

    14. STIEF OFFICIAL

      Alhamdulillah,,,Semoga Pak ma"ruf sebagai wapres sekaligus ulama bisa memdampingi dan memberikan solusi yg bijak buat pak jokowi,,,kita butuh sosok ulama sebagai wapres biar ada yg memberingan pandangan yg bijak dan saran Dan masukan buat Pak presiden,,,,,insyaAllah,,,aamiin

    15. anak langit 46

      Harusnya TGB atau baauki cahaya purnama yg pantes

    16. prast fast

      subscribe channel saya yok yang baik hati wkwk

    17. Kopi Epistema

      Selamat tinggal jokowi, meninggalkan mahfud, kami pun pergi...

    18. Ridyy Khansa

      pantas dr kubu prabowo gak jd pilih ulama,,, ada yg tau krn apa?? krn Prabowo tidak mau mengadu para ulama.. seperti yg terjadi di yaman dan suriah.. sangat2 setuju dgn keputusan prabowo.. #2019gantipresiden

    19. St Rahmawati Rahma

      Lebih baik makruf amin dipecat secara tidak hormat dari NU.

    20. Yan Imran

      Kompromi poiltik kadang ngak sejalan dgn ke inginan, smoga apa yg di tetap kan koalisi di berkahi Allah SWT.

    21. Ahmad Sasuki

      Dikadalin mukidi, palagi rakyat :D

    22. Gendewor Gendewor

      prof Mahfud md lbh Edial lincah tdk trllu tua

    23. Eva Rahmainur

      Tidak ada yang lebih saya takutkan dari meninggalnya pak ma'aruf nanti, lalu naiklah penggantinya, siapa itu? ahok. innalillah... semoga Allah jaga Agama dan iman kita untuk tetap berada di jalan Allah, karna sekarang ini sy merasa kita sdh mulai berada di zaman fitnah dajjal, dimana yang benar dan salah sudah sulit untuk di bedakan...Akhir zaman...

      1. Eva Rahmainur

        kalau sy meninggal, ga ngaruh apa2 mba ke rakyat indonesia... meninggal itu sudah ketetapan, kan hal ini sy khawatirkan karna beliau adalah cawapres, mudah2an beliau panjang umur...

      2. Ida putri

        jangan gitu Non...sebelum ma’aruf meninggal kamu meninggal duluan juga gk tau...musibah kapan saja datang kita gk tau

    24. Rk Hatta Sei

      Perfect.. Maju trs negeriku

    25. Arkan Afari

      Gpp lah buat mnangkal isu PKI ke pak jkwi. Klo ada kiyai kn pk jkw bs fokus kerjanya

    26. Diki Wahyu

      Salam duka periode JANGAN MAU TERTIPU MEDIA #TABAYUN

    27. Peri Epeng

      saya setuju jadi penumpang kalo kh.ma'ruf amin yg jdi supir ya. jokodo yg yg kendektur ya.. haha

    28. Jack 72 Brainen

      Aku senang banget pak Jokowi milih ulama, supaya Pak KH. Maruf Amin sadar dan paham betapa susahnya jadi orang waras di Indonesia ini. Saya ingat waktu KH Mahruf Amin bersidang di kasus Ahok, saat itu semua orang marah dengan Pak Ahok dan pengacara nya. Sampai AAGYM mengatakan ' jangan hina ulama kami, jangan hina guru kami.....'. Nah hari ini ketika Pak Mahruf Amin bersanding dengan Pak Jokowi, banyak yg menghina Pak Mahruf Amin. Kira-kira AAGYM membela gak yah??? Kira- kira masyarakat marah gak yah kalau ulamanya diejek, dibilangin macam-macam yg gak pantas. Terima kasih pak Jokowi saya paham knapa bapak pilih KH Maruf Amin, bukan untuk memecah belah. Tapi untuk menyadarkan saya menjadi orang waras itu susah di negeri ini.

      1. Erwin Hamdani

        a

      2. Erwin Hamdani

        apakah maksud sebenar ulama???"ulama adalah pewaris nabi baik dari sifat,akhlak maupun perbuatan!!!"orang berilmu islam belum tentu ulama tapi seorang ulama sdh pasti berilmu!!!hanya orang indonesia yg gemar beri gelaran ulama sementara perangainya manusia yg di sebut ulama gila harta dan kuasa!!!jelas dan terang maksud pdip dekati/ambil"ulama su'uk!!!orang islam yg kuat imannya tdk akan tertipu muslihat musuh2 islam!!!😅😅😅

    29. ozzi's channel

      Komentar buat ajang sok tau!Sok pinter! Kalo cuma mau manas2in ,ati-ati diciduk.. mendingan diem kaya gua

    30. Jevelyn Albatrose Sunniah

      ULAMA tolol.

      1. Yandi Sullivan

        anda sudah punya gelar apa ya? prestasi? otak aja ga punya dengan komen seperti itu, gw emang ga setuju tapi gw masih menghargai beliau.

    31. Haqi Achmad

      KECEWA hrsnya mahfud md atau ahok.cm nyari aman aj dr prabowo-uas...paling gak lama pk kyai kl terpilih bis itu diganti bu mega...kasian.

    32. Nicks Rils

      #PAS 🙏😍

    33. CiLbut da silva

      bagus yg tua jadi dia ngga bakalan ada pemikikiran untuk korupsi. 2019 tetep golput.

    34. ikma wahab

      Golput aja ahhhh

    35. the green peacock

      buat ahoker...move on bro...#2019gantipresiden... news.detik.com/berita/4159262/jokowi-pilih-maruf-amin-ahoker-diminta-move-on

    36. CONTINUOUS FORM

      PRAY FOR LOMBOK

    37. Theofilus _ns

      Wkwkwk..komennya lucu2 Pada baperan amat sama manuver politik😂😂 #belumdewasa #gampangdiprovokasi Kalo galau netral aja ngga usah pada ngegas,toh pilpres aja belum Semoga pilpres tahun depan damai karna kita semua satu Indonesia🇮🇩🇮🇩

    38. Andikarobbani Robbani

      Ulama dikancah politik skrang gak seperti Gus Dur...

    39. Sihmantoro Antoro

      Kl debat jkw mati kutu .... mslah stabilitas nasional keamann ,ekonomi...

    40. Usman Azh

      Mengandung umpan

    41. Hasan Anshar

      Apapun alasanya q tetep dukung pak jokowi 2 periode

    42. Amly sr

      E kaget dari sudut pandang yang eee sehingga booming 🤣 carik deh tu pendapat pak jokowi tentang film dilan lumayan buat hiburan 🤣 jangan pada tegang mikirin pilpres

    43. Rafi Akmal

      Lo bukan bercanda kan jok wkwkwk 😀😁😂😅😅😅😆

    44. WAJAH JAKARTA

      semoga ulama indonesia sehat selalu :)

    45. Prawo To Aja

      Saya lebih sayang beliau, saya tidak akan memilih beliau jadi wakil presiden, biarlah beliau tetap menjadi ulama yg baik di MUI..

    46. Khan Khairan

      Berbeda itu indah.... Jika anda sdh bisa menghargai pilihan orang lain, maka pilihan anda pun akan di hargai... Selamat berbeda..

    47. Amelia Suprapto

      Kasihan yg komen menjelekan ulama dan pemimpin muslim.. siap" neraka di dpn mata setelah kematian.....

      1. Adorable

        mungkin buat mereka menjelek jelek an orang lain salah satu syarat masuk surga.

    48. dan ran

      Hahaha partai koalisi jokowi ketakutan kalah, sampai sampai ambil cawapres dari tokoh agama

      1. dan ran

        Koalisi jokowi mau tandingi Abdul somd ternyata pasangan prabowo sandiaga uno hahaa, sbentar lgi jelang Pilpres bkl bnyak dri tokoh agama tingkah sperti ngabalin

      2. Raimah RAHMAT

        😀😁😷☝👍👍✋

      3. Adorable

        tetangga sebelah juga takut kalah.

    49. jaya Tiasa

      Porsi (prabowo sandi)

    50. Hmed Welag

      Mau siapa presiden ny jg, hidup kalian semua tetep susah melarat klo ga kerja keras. Emank ny duit jatuh dr langit klo rejeki sih iyah tp qt harus mendapat kan ny dengan berusaha dasar orang" malas png enak ny aja.. Bisany saling hina..

    51. Pancasila Bertauhid

      > ya GILA AJA LU NDROO !! ini mah Ulamanya para Ulama, Sesepuh ny para Sesepuh, Panglima Agung MUI jd senjata Jkw.. SIAPA YG GAK CIUM TANGAN njeer ?? Bangsa Bar" aja Cium Tangan. > Yongku Kaido, Fleet Admiral Sengoku Akainu sampe Avatar The Legend Of Aang aja Cium Tangan Cuk !! > KAN JD KOCAK BGT ANJIR... MASALAHNYA Dewa Enel aja sampe Ngakak KRONIS, Sumpah Gak Boong.... > ya ijtima GPNF ngaku" Ulama se Nasional pilih Prabowo, lah THE KING Ulamanya ada di kubu Jokowi, Gimane Ceritaa Kocak... Bangsa Mongol & Suku Bar" aja Ngeliatnya jd CRINGE EDDAAAN, KRONIIIS gitu lho. > yaa GPNF ngapaiiiin gitu lho ? lu gak ada komunikasi ama MUI apah...? Lu tuh siapa ? > MUI vs GPNF ya menang MUI lah, GPNF mah apaan Atuuuh ??? Ulama Terpecah kan jd Malu"in GUA Anjer (Ceritany Gw Aagym atau Arifin ilham BUKAN Dewa Enel, Yonku, admiral aplg Avatar aang, bukan) > Salah nya GPNF/PKS gembor"in UAS duluan sih.. Kartu Joker masa di paenin di awal.. kan Koplak. > Padahal gw seneng bgt Prabowo sama Ulama. > Tapi Wlwpun UAS jd Cawapres Prabowo, Ma'ruf Amin tetap THE KING Ulamanya para Ulama, Sesepuhnya Para Sesepuh.. ga bisa disaingin dgn UAS.. Gak bakal mau jg > Jgnkn UAS, Bangsa Mongol jg cium tangan ke KH MA... Apalagi UAS yg Tau adab.. Gak Mungkin mau Nglangkahin Ma'ruf Amin.... > Awalny Gw dukung Prabowo krn seakan" Jkw antiUlama & bbrp Ulama Nasional ke Prabowo.. > Lah skrg malah Blunder Habis"an, kmrn yg mesra sama Ulama, skrg Mana ini Ulama nya ?? HAHAHAHA > ULAMA MANAPUN Skrg DUKUNG JOKOWI LAH KOCAK > Skrg Topik kampanye si Sandiaga unggul di Ekonomi ? Lah KH MA itu backgroundnya Ekonomi islam jg.. > Jokowi mah skrg menang telak, kampanye Ulama Dapet, Ekonomi Dapet. > lagian campaign Ekonomi Sandiaga Sedikit Suaranya cuma kalangan menengah keatas yg ga suka kebijakan JokowiEffect. > klo campaign Ulama ini baru menang Banyak... krn Umat islam ya ikut Ulama aplg Sekelas KH MA.. *GW MAH lg KASIAN SAMA DEMOKRAT* SBY lg ngambek pengen jd anak kandungny Bunda Mega. Tp kata Bunda Mega : Boleh kok tp km jd anak Tiri aja ya, Gak dapet Warisan Kursi Wkwkwk... Eh AHY ny malah Durhaka...

      1. Erick Thio

        Reoupy Reoupy 😂😂😂😂😂

    52. Imam Iska

      Ganti presiden

    53. My Name Is

      Saya tidak mau berdebat karna semua yg komen disini orang" politik dan wawasannya sangat luas,saya hanya mau mengingatkan jangan salah pilih,karna itu akan merugikan orang lain dan dirimu sendiri,jangan ikut"an,berbicara sesuai fakta yg ada dan jangan bawa" agama saya.Salam Damai

    54. Miftakhul Huda

      Ga usah pilih pak ma'aruf.biar beliau ga kepilih..biarkan beliau fokus di mui .jngn dikasih beban lagi

    55. dede dkm

      InsyaaAllah..diridhoi Allah Swt ..aamiin

    56. Adorable

      Tetangga sebelah juga berubah pikiran di menit menit terakhir. makanya istilah kardus jadi viral. padahal kardus gak salah apa apa yak.

    57. Erwin Setiawan

      Spa pun wakilnya males buat milih

    58. Lowss Preewell

      Hmmm....andai mahfud..pasti lbh mantappp

    59. Rosie Lumpia

      Tanda2 kekalahan jkw, mbalik solo

    60. Diana rosa

      Harusnya wakil itu full power sekaliber presiden... Yakin jokowi kuat kerja sendiri...

    61. Om BURHAN

      Udh mau abis hayat baik di kasih ama yg muda

      1. Diana rosa

        Hus In aku juga sedih.. harusnya yg sama2 full power... tapi tetap pilih jokowi 2 periode.. yakin bisa kerja sendiri dibantu menteri2

    62. Anto Julianto

      Kasihan si profesor yg sdh sepuh hanya dijadikan alat untuk mendorong mobil esemka yg mogok .. Siapapun wapresnya..... #2019GANTIKACUNG

    63. Wayne Rooney

      jokontol amin mantap bejat

    64. Go Tjin Seng

      ngak gandeng ulama.katanya mengkriminalisasi ulama.ulama di gandeng.dibilang ini itu.lucu sekali.

    65. Sonny blog98

      Jokowi ngutang untuk pembangunan daerah,, saya dn teman" di Kalbar juga merasakan dampaknya,, Dulu untuk perjalanan dr kota k hulu itu masih jalan tanah kuning klau hujan itu bisa jadi kolam lele itu,, skrng sudah mulus aspal,, Akibatnya apa? Perekonomian di daerah naik, karna barang seperti sembako, alat perabotan, dll bisa masuk tanpa hambatan, dulu itu barang juga bisa masuk tapi sedikit yg mau karna jalannya itu hancur sekali, klau amblas aja bisa sampai berhari" tunggu bantuan,, makanya harga barang di hulu itu selisih sangat jauh alias mahal sekali,, Ini sy ngalamin sendiri, sering keluar masuk hulu,, klau ada yg bilang bohong sini sy hajar,, Kalian gk tau gimana rasa bawa mobil box amblas di pedalaman malam hari, gk bisa tidur kalian, uda gelap, takut mobil diJarah sm orang,, Yg sering keluar masuk hulu pasti tau rasanya😁😁😁 #jokowi2periode

      1. Erick Thio

        Sonny blog98 ...yoiii... Boozz... Ts loe kerennn... Jokowi 2 periode... Wajib... ✌✌✌✌

      2. Boa vista

        Sonny blog98 yang koar2 jokowi ga ada kerja nyatanya itu orang2 kota mas, yang tinggal duduk menikmati indahnya hidup serba ada. Beda dengan orang didesa2 yang selama ini terisolir. Sejak jokowi giat membangun, banyak desa yang mulai merasakan dampak positif dari kebijakan2 jokowi yang kata orang kota "tidak pro rakyat".

    66. Taufiq Kamil

      Owhhh,,, itu yg maafin busuk mawati itu Pantes di bela belain, rupanya ada ujungnya..

      1. Diana rosa

        Taufiq Kamil aku juga ga setuju wakilnya.. harusnya yg full power sekaliber presiden... yakin jokowi kuat kerja sendiri.... amiin..

    67. NKRI harga mati

      Wakwakwak...GOLONGAN JENDRAL KARDUS LAGI KEBINGUNGAN

    68. Celine Chavakinetama

      SIPP PILIHANNYA YANG SENIORR.BISA MEMIMPIN INDONESIA LEBIH MAJU KETIMBANG SEBELAH EYUUHHHH😴😴

    69. Asep Purnama

      Ktnya gabutuh suara umat Islam

    70. Ramli Tangahu

      Mau juga kH makruf Amin, sepertinya sdh di seting, buat lancarkan misi mereka 2019 ganti presiden.

    71. Ramli Tangahu

      Senjata buat kebusukan mereka

    72. petani maju

      Setuju saudaraku. Sipapun Presidennya kita yakin Gk mudah melawan para mafia koruptor ... Mari kita bantu Pak Presiden melawan para mafia dan koruptor yg sudah lama mengakar di negara ini. Jika negara ini di pimpin oleh seorang yg jujur baik hati tulus bekerja untuk rakyat pasti sudah dari dulu Negara ini maju. Jujur dari hati yg paling dalam saya pribadi sedih dan kasian saudara2 kita yg di Papua perbatasan2 dari dulu selalu diabaikan. Banyak pejabat hanya sibuk mencuri harta kekayaan duniawi yg sementara ini. Mari kita berdoa yg terbaik untuk NKRI dan semoga cahaya kedamaian dan kebenaran Tuhan senantiasa menerangi hati nurani kita agar kita semakin cerdas dan bijaksana dalam menyikapi ujian hidup ini. Semoga persatuan keutuhan NKRi selalu terjaga. dan NKRI semakin maju. Membuka mata hati dn jangan diselimuti amarah dan kebecian arena perbedaan pilihan. ingat kita semua adalah satu saudara. Mari kita menebarkan cinta kasih dan kebenaran. Salam dari barat untuk saudara2ku yg di timur Papua maju terus. Kita satu saudara. Bhineka Tunggal Ika

    73. Lilis Tamanayun

      Sssssssssssssssss jangan ribuuuut yaaa .......# 2019 Gantiii President !!!

    74. yara bam

      Liat oppung ini, aku jdi ingat masalah label Halal yg syudah terkubur rapat2. Hadehh tidur aja lah d rumah nikmatin masa tua,,

    75. Dirga Purana

      pk jokowi ganti dong jgn pk kyai,ap demi menang pilpres harus bgni yg muda kn bnyak yg jga mampu

    76. Channelnya Lelaki

      Saatnya istirahat mbah kyai...

    77. anci tea

      mau siapa pun jd capres / cawapres ,saya mah gk minta duit sama mereka ,hahaha

    78. online control

      itu bukan kejutan, tapi gak konsisten, kasihan pak Mahfud. Beri pernyataan resmi mengakui kesalahan kepada mahfud. Berani?

    79. andri maulana

      Oh yang ditemui bu sukmawati kemaren ya, waktu puisi yang itu tuh

    80. biyan slam

      pak jokowi kapan mancing bareng ?

    81. Faktaa Arjuna

      Hanya bisa termang'u... dan mengucap ASTAGA... #kecewa

    82. uchok 22

      Mahfud MD skr mau banting setir kemana?? Mau balik dukung prabowo lagi ni? Cebong dilarang bolak balik

    83. Bardan Permana

      Dasar munapik si nenek sihir sm anaknya boneka cebong comberan untuk kaum muslimin dan dan muslimat tolong dingat si nenek sihir pernah bilang gk butuh suara umat .. jd untuk apa kita pilih cebong lg ayok kita tenggelamkan nenek sihir sm bonekanya ...

    84. Martin 13

      Itu namanya strategi cuy.. bikin tetangga sebelah kelabakan

    85. Mia Amelia

      Semoga taun depan bisa ganti presiden aamiin

    86. Mia Amelia

      Keluarga gua pada bilang masa manula jadi cawapres 😃

    87. Nurfita Indriyani

      Aduh...udh sepuh banget ya.. Nnti baru satu th takutnya turun pa.. 🙆

    88. Muhammad Yusuf IM

      Saatnya yang muda ngurus NKRI, supaya segala kesulitan bisa dihilangkan #2019gantipresiden

    89. Kurnia Ardi Kusuma

      aku lebih sukah ulama terus berdakwah dibidangnya aja

    90. duo sari bandank

      2019 pdip tumbang

    91. duo sari bandank

      ulama masuk politik lucunya negriq ulama bisa dibeli maaruf uda tua sdh saat urusin akhirat

    92. Franz George H T

      Gw jadi bimbang, gmana ya nanti debat capres-cawapresnya😞

    93. Bang Dev

      Dari pengalaman yg sudah2.. wakil presiden ga bisa banyak berbuat apa2. Krn semua keputusan tetaplah presidennya. Kalau presidennya ulama. Baru gw mau pilih. Kalo ulama cuma wakil presiden.. ga didengar juga. Pengalaman JK 2x jabat wapres.. apa yg sdh dibuat..? Sya mewakili rakyat jg ga merasa ada karya kontribusi wapres. Semuanya dijalankan oleh presiden. Kecuali klo presidennya ulama. Nah.......

    94. Karin Diana

      Beredar video dari kubu Prabowo 👉 id-news.com/online/video-gwNHM5Elv5E.html

    95. awaludin pohan

      Mampos loe Mahfud,tembaan loe kan presiden 2024,jadi 2019 jadi wkil dulupun gk apa,eeee.... nytanya gk kpilih.

    96. Nofemi Cahya

      Udah tua bukan nya ngurusi akhirat umur ga ada yg tau sblum 2019 masih hidup ga tu

    97. Sopian 83

      Kasihan pak ma'ruf menurut saya hanya di manfaatkan saja untuk menarik suara ummat... oleh kelompok yg haus akan kekuasaan..

    98. hendri maryono

      umat pasti menurut apa kata kyai....kyai menurut apa kata presidennys...presiden menurut apa kata emaknya...haaaaa haaaaa emboh wes gak ngurus.....

    99. Le Meridien

      #JOKOWIAHOK2019