GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung - Ustadz Jel

Tazkiyah Media

Tazkiyah Media

356 290 Ditonton253

    GAWAT!! Sumatera Barat Tersinggung dibilang Buta Al-Qur'an- Maruf Amin tidak Nyambung Dengan Sumatera Barat - Ustadz Jel
    Ustadz Jel Fathullah, Lc
    Follow kami di instagram : @ustadzjelfathullah
    (instagram.com/ustadzjelfathullah)
    Facebook : Ustadz Jel Fathullah
    (facebook.com/ustadzjelfathullah)
    Silahkan sebarluaskan dengan tetap mencantumkan link sumber. Jazakumullah khayran.
    --- *** ---
    #1ditrending #ustadzjelfathullah #ustadzabdulsomad #tazkiyahmedia #harampemerintahdzalim

    Dipublikasikan tanggal 10 hari yang lalu

    Komentar

    1. Rosmi Wati

      Sekeluarga ku pilih no 2 Apa lagi ..pak kiyai sudah bikin kami tersinggung.. Nenek moyang org padang dari bayi sudah diajar baca qur an.. Yg benar aja pak kiyai bicara nya.

    2. Ali Sabri

      jangan menyalahkan mbah makrup amin saudara namanya sudah mbah

    3. jumrani edwar

      Perlu pak tua tau aja y.. sblum anda mnjdi ulama. Sdh bnyk ulama besr yg lhir di ranh minang ini pak... kasihan lu pak tua...

    4. Muhamad Arif

      Adat basandi sara',. Sara' basandi kitabullah(Al_qur'an).. Sara' mengatakan, Adat memakaikan.. Itulah falsafah adat minang.. jadi, orang minang harus dan pasti Islam..

    5. nuraini gunawan

      tu orang tua asal ngomong aja ngak usah pilih dia

    6. Andre channel

      Buta kekuasaan, Mangecek ndak bapikiah

    7. Azka Fachai

      Masyaallah ini kiyai otaknya udh pikun x yah...asal bpk tau yah..guru bapak itu asal atau nenek moyang kami...syeikh muh.khatib alminang kabawwi..syeikh m jamil djambek..syeihk burhanudiin...buya hamka datok tiro...datuk panglimo kayo..datuk tuanku imam bonjol..datok tuanku rao dan banyak lagi syeikh kami...kami lah yg mencetak bpk dan pendiri nu dan muhammadiyah kami...rata2 dari sabang sampai merauke boleh bpk cek siapa yg mengajarkan islam..negara asia tenggara dari mana ulamanya...kau telah membuat kami tersinggung...guru bpk itu dan pendiri nu anda itu nenek moyang kami..jangan asal ngomong kalo kami ndk bisa ngaji atau ndk bisa baca alquran..orang2 jawa itu mendirikan pesantren kebanyakan belajar sama kami di pesantren thawalib orang sumbar...masyaallah ada sudah merendahkan kami...ulama kami dan keturunan nya di mekah sdh mendengar ini...dan seluruh daerah yg di ajarkan oleh ulama kami di serta keturunan nya sangat tersinggung bapak bilang orang minang gg bisa baca alquran..ngaca dulu pak..guru bpk itu siapa

    8. hendriawan awan

      Aki" pikun maklum

    9. jordi faraday

      Kiai ma'ruf amin kok ndak mengerti sejarah islam di Indonesia ya !!!??? Atau telah lupa karena telah uzur.

    10. Ramadhaniel

      Kritik orang Minang yang segitu banyak... Yang anda dampingi Dah paham Al-qur'an belum tuh??????... Haduuuuh pak MA,,, jauh amat lihatnya... yang samping anda aja.. alfatekah..... πŸ€£πŸ€£πŸ˜…

    11. Iyon Nuraenah

      org tua ini brkunjung cari suara k kampung kami tp ga tau diri ..malah fitnah kami buta Qur'an.. adat minang bersandi sya'rak.. sya'rak bersandi kitabullah ..haram suara orng minang buat jokowi maruk mbah...!!!

    12. Murniati Mahmud

      Salam PAS βœŒβœŒβœŒβœŒβœŒπŸ‘ˆ

    13. ZONA MUSIK HITS

      asa mngejek mncuang taba ma

    14. Tanenghoa77 Taneng77

      Tugas para ustad membawa bangsa ini kearah persatuan makanya jgn berpolitik jadi ustad saling sikut dan kasian rakyat jadi korban mana NKRI jg hrs dijaga

    15. Pandawalima Bimaband

      Subhanallah..astagpirullah Ko bisa bagitu ya.. Bahaya tuh kalo soudzon sama org laen..waduhhh ko kiai gtu Semoga allah mengampuni segala dosa hamba2 nya..ammminn ya allah

    16. Leinin Hendra

      Yg milih kakek pikun ini berarti bkn org sumatra namanya.apalagi og minang.sumbar adalah sumber ulama dinegeri ini....

    17. fadly_ zx1

      Kami sanjo wajib ka surau,sudah tu subuah2 salasai sholat subuah pai dds(didikan subuh).

    18. lady lady

      Udah pak ustad sekarang maslah mahruf amiin angap aja angin lalu asal omong udah tua jd udah ngaur maklumin aja dn maafin aja

    19. Izhuki IzhimurA

      Makruf amin gilo.. Bntuak karambia cukai... Kwkwkwk Jan mngecek dri ikua makruf... Kck e buta al-Alqur'an urang sumbar ko.. #bruak tungga ang nyo makruf..

    20. herry susanto

      Seandainya Buya Hamka masih ada ditengah2 kita..

    21. argi anggara

      Gaek pantek tu mah

    22. Heru Prasetyo

      Ngeri sekali ulama di jadikan berita hoax ckckck emang kaum kamfret ngeri hoaxnya mentang2 udh punya tiket surga dapet dr monas πŸ˜‚πŸ‘

    23. dita dita

      Dasar urang gaek ndak taunyo siapo urang minang tuu, islam basandi sarak, sarak basandi kitabullah, asal mangecek se ndak di pelajarinyo dulu sejarah minangkabau sabalum cuap cuap

    24. Doraemon Movie

      Laporin aja,, ahmad dhani aja bisa di penjara akibat melecehkan daerah,, mau tau kalo keluarga cebong di penjara ga ??

    25. Rafa Strong

      Tu yg namonyo indak bapikia sabalun mngecek tu ,,

    26. Uda Lintau

      Gaek pasiek ko mah,,, batambah doso den di gaek mah..

    27. Adit Suwardi

      Tu si mbah udah tua , mungkin dia pikun makanya ngomongnya aja kayak gitu ?

    28. Konsorsium ARM

      Tenggelamkan pasangan Capres/cawapres nomor satu di Sumbar.... PAS harus menang di Sumbar.... "Adat basandi Sara, Sara basandi Kitabullah" (Kitabullah=Al Qur'an)

    29. Iwar Wazza

      Hiduik rang minang ko adaik basandiang sarak . Sarak basandian kitabulah gaek ko ndak tau perkembangan islam di indonesia doh jangan pilih dia

    30. zaza 98

      Sumatera bersatu selamat KH Ma'arif amin, dengan cara memilih Paslon 02

    31. Mira Wati

      Ijan piliah gaek pantek ko

    32. wandra vernandes

      bakto gaek' lah barimah muncuang mah

    33. Reno Efendi

      Ko gk viral ya

    34. Robi Busolli

      A yolah gaek tengak gaek ko

    35. MUH JUMIRAN S st.ip.

      Jangan dukung itu aja ma'ruf amin ok

    36. 10cybersmooth

      Bagaimana kalo paslon no. 1 JOKMA ini di diskualifikasi aja dari pemilu, soalnya programnya ngawur2 semua. Biarkan no. 2 memimpin langsung tanpa pemilu, biar halal sesuai syariat

    37. Rachmat 62

      Peu di peugah si min nyan

    38. azwar tanjung

      Ini membawa nama buruk warga minangkabau. Sedangkan di daerah lain juga banyak yg buta Al-quran. Kenapa Anda malah mengkritik rakyat minang? Kenapa anda hanya melihat di satu sisi saja, sedangkan di sisi lain Anda buta? Pikirkan.

    39. Iskandar Kandar

      Sebenarnya Mbah Amin ini tidor jaga Kesehatan yg Jelas No.#2Terpilih jadi #2Presiden

    40. ruhy tamanhati

      makrup benar2 sll mmbuat kacau

    41. Rafriki Debi

      takah, tageh, tokoh. itulah 3 kriteria yg hrs d penuhi calon pemimpin menurut orang minang. krn itulah sby dan prabowo menang d ranah minang, krn mereka memiliki k3 kriteria trsebut.

    42. Caduk Bungkuk

      Saya sebagai anak orang minang kurang senang atas pernyataan bpak kiai, karna kami dari kecil sudah di didik keras tentang agama islam, dan salah satu ulama besar masjidil haram berasal dari ranah minang (syeh rasyit al mingkabawi) dari tanah agam SUMATRA BARAT

    43. V Alexanders

      Jelas di tolak oleh salah satu universitas di Padang dan pindah ke hotel, sekarang mengatakan kami buta al-Qur'an, maaf Anda salah besar dan tidak tau apa-apa mengenai kami, setiap hari minggu pagi seluruh masjid/mushalla di Kota Padang (Sumbar) selalu ramai oleh adik-adik kami, berkumandang lantunan ayat-ayat al-Qur'an,kultum Dll, tau apa Anda dengan kami masyarakat Ranah Minang???

    44. Ω…Ψ­Ω…Ψ― Hanafi'e

      Betapa untungnya orang yg tinggal di perdesaan dan daerah yg seperti perkampungan kerana banyak aktiviti silaturrahim dan aktiviti membaca alquran ..salam dari labuan,Malaysia.Majulah saudara ku berbangsa melayu ingatlah indentiti kita sebagai orang melayu adat,agama islam,dan budaya.

    45. Rinal _naldi

      Bantu subscriber dan view dong sahabat/i Ntar saya subscriber balik dan view video nya

    46. Dedhi S

      Gaek gaek anakΒ² minang tu jan di ktoan ndak pndai baco al qur'an lai kami jak ketek lah di surau mah gaek.

    47. Okhi Sfr

      Udah PIKUN dia..

    48. Armand

      Nah ...

    49. Adi Putra

      Ndeeehhh... Ngilu se paruik den mndanga nyo...!!

    50. Thole Legolas

      Daerah pertama selain aceh yang mewajibkan anak sekolah pakai hijab.

    51. Thole Legolas

      Saya insya Allah. Baru berumur 26. Masih hapal arab melayu.. dari Sd kami belajar arab melayu.

    52. padil akbar

      yg pilih prabowo mana suara nya???

    53. Aveiro Samsul

      Bilangin sama K.H Ma'ruh amin yg terhormat itu, datanglah ke sumbar sekali lagi, suruh dia ngetes saya mengaji, saya sbgai warga minangkabau mengkejam hal tsb. Suruh beliau baca sejarah islam di minangkabau, siapa2 aja tokohnya.

    54. Abanoes Seonaba

      tanda2 orang mau mati ya gini... udah tua juga..

    55. Nandila Rezki Septia

      Rang gaek pikun

    56. Nandila Rezki Septia

      Rang gaek kuluik

    57. BgNdud Motovlog

      kito doa an aj apak tu kiyai tuh kan , mudah2 sehat slalu c lah dan ucah lah bakarajo juo laai usah nyaleg2 juo lai kan ibo wak j badan nyo, suruah c ny menikmati masa tuanya

    58. PAS 02

      Islam identitas Minang... belajar mengaji adalah kewajiban anak2 minang hingga saat ini. Mata hati kyai sudah buta ya? Lihatlah apa yg terjadi saat ini.

    59. Xoney Chanel

      Makruf edan enak aja ngomong nya.. Taik ITU makruf edan...

    60. Dhan's Anime

      Dari awal gua udh yakin bahwa gua milih no1 tapi dengan ada nya kaya gini maaf gua tersinggung sebagai org minang.mungkin mayoritas di padang gua rasa hampir sepenuhnya milih no1 tapi dengan ada nya org sok pintar yg dibilang org minang buta huruf gua yakin bgt bakal berpaling. Kalo gak tau adat atau silsilah minang jgn sok sok ngebacot lah malu nanti

    61. Sang Petualang

      Jgnkan orang Sumatera, sy aj yg orang sunda tersinggung atas perkataan ny K.M.A. Kesanya ky gda ulama yg ngajarin ngaji. Smua org tua pasti mendidik anak ny untuk blajar ngaji dn stiap guru ngaji pasti ngajarn cara baca al-qur'an dgn bnar dr tajwid dn yg lainnya. Sy bljr ngaji dr kecil jamn blum ad listrik,pake lampu tempel pulg nya bawa obor,gk ky jamn skrg udah enak terang karna listrik pasti cpt bisa. Low mu d berantas tu korupsi sm kemaksiatan. Udah kliatan pikun ny.

    62. Shaqir Ahmd

      Dah tuaa pun bodoh.hulama dungu

    63. Maxlhunchan Chan

      Lah mode tu urang awak di leceh kn ,masih ado juo urg awak nan mamaliah nyo,yo lah nan PAKAK e tu

    64. Maxlhunchan Chan

      ,untuak org minang di seluruh indonesia baik yg di luar negeri pilih no 2 ,di SUMBAR sblm ansk tau abcd lebih tau alif ba ta sa

    65. Mudi Ayu

      sederhananya bgni , setiap kita msuk ke rmh mkan padang , pasti ada kaligrafi arabnya dan ada foto2 para ulama jd poinya islam adlh bagian utama bagi penduduk sumbar. ckup aneh mbh amin bilang begitu. kami orang jawa pun sdh mengerti bahwa sumbar adlh tanah islam.

    66. Rudi Suganda

      Jaga mulut mu ma. Ruf

    67. Rudi Suganda

      Baru bakal calon udah sok

    68. Ernest HxH

      pokoknyo jgn pilih gaeek tuu

    69. Arif Rahim

      Menurut ambo M A itu bukanlah ulama besar melainkan ulama yg dibesar besarkan... kwalitasnya sangat jauh dibanding ulama besar kita Buya Hamka.. kalau untuk ukuran sekarang kwialitas beliaupun sangat kecil dibanding UAS.. kalau dia ingin tahu tentang Islam Orang Minang..sebaiknya beliau tanya dulu sama saudara kita orang Sulawesi, Brunai dan Philipina.. tentang siapa itu Raja Baginda, Dt. Ribandang, Dt. Patimang, Dt. Karomah mereka semua tahu karena para ulama itulah yg membawa Islam ke negeri mereka.. jadi kalau cerita akan memberantas buta al Qur an .. mungkin lebih baik di kampungnya saja..

    70. vil leepeck

      Si mbah bukan ga paham sumatera barat.... Si mbah itu BUTA HATI

    71. Donie Sanjaya

      dia gak baca sejarah x, asal ngaur aja, saya orang minang tersinggung sekali

    72. DENI DARLIANA

      Yg buta itu capres elu kek,jngankan bacaan qur'an nma suratnye aje alfateka,allahpun kga ridho nmanye di sbut si mega ame wowowi,allah yg bongkar kbusukan itu #2019jangangolput #2019PrabowoSandi

    73. Velya Ponsel

      Ungku M.M... Kami tersinggung dibilang buta al-Qur'an... Kami orang minang pintar pintar membaca al-Qur'an,jangan ungku asal ngomong,kami kls 3 SD sudH pintar ngaji... Adat kami basandi sarak,sarak basandi kitabullah...

    74. Gondolf Gondolf

      gaek Maruf pikun.kami urang minang,lalok kami disurau/dimasajik.pahami adaik Minang dulu.mangango muncuang lu gaek baru ka mengecek.asa mangago SE muncuang ang tu pikun.alah Baun tanah ,mancalon juo jadi cawapres.

    75. Ipan Pan

      Waden dak tarimo do di model ko an Baa sanak ado jo yg ka mamiliah paja 01 tu lai sanak kalau lai yo lah buto bna mato hati sanak mah

    76. satya tama1108

      02 bukan tipe orang islam..tukang hasut n fitnah...urang munafik yg seperti tu ...mars partainya aja niru mars partai komunis chili...mgkin pahamnya juga dianut kali...wallahualam...

    77. Rolan Babe

      Ambo Yo tasingguang dek gaek ko mah,jadi untuak Kito nan badarah Minang manangkan lah 02 .. Urang Minang like lah bia samangek ranah Minang mamanangkan 02

    78. Romeo juliet

      02

    79. Randy chanel

      Asa kamalantong se mncuang buruak gaek waba kataun ko Alun gaek jdi kiyai lai urang Minang ko lah paham jo Al-qur'an mah

    80. Adril Muchlis

      asal ngoceh se urang gaek tu

    81. sukri hamdani

      Saya anak cucu darah Minangkabau asli,saya sangat tersinggung dengan pernyataan oleh saudara MA .. setau saya anda (MA) seorang yg berpendidikan dan ber ilmu,tapi semenjak mendengar omongan anda,saya merasa sangat tersinggung.. Dari kecil saya pribadi dan adik-adik terlebih dahulu belajar Al-Qur'an dari pada belajar disekolah. Sadar dirilah kalau berucap wahai saudara MA.. kau bukan orang bodoh(kecuali kau yang ingin bodoh). "Adat basandi sarak,sarak basandi kitabullah"

    82. Putra Delpiero

      maruf amin loe itu suda tua emang nya loe tidak tau sejara minang kabau ya, asli suku minang itu 100% islam, jujur tapi ada yang murtad soal murtad mungkin di iming2 ngi mie, beras, uang, jabatan, bahkan orang minang cukup berjasa untuk kemerdekaan RI yang paling berjasa sukarno dan hatta dll, kamu enak hiduf termasuk aku bendera suda berkibar

    83. reza Haikal 10

      Sumatra kental islam boss jangan hina sumatra

    84. Rahmat Cliqboice

      Gaek ko asa mangecek jo, kok ndak tau jo ranah minang jan asa ka mangecek muncuang gaek t, apo dalil nyo nan manyabuik urg minang buto jo alquran, gaek harus ado dasar jo ucapan.. Makin tua makin gak lurus.. Yang melanggar fatwa nya sendri..

    85. doni akuracy

      Hahaa kadang paja ko mangecek ndk bapikia...lah gaek ko banyak se lah kasurau lai..ko indak..ikuik politik lo angku

    86. Iwan herdians

      kyai gilo jabatan di maso kamati.umue sabanta lai nyeh kyai.

    87. vandy yolanda

      Kami (orang minang) lebih dulu tahu A BA TA daripada A B C...

    88. Rafki Rahmatulloh

      Masih ada 230 orang yang tidak suka. Berarti bukan orang minang

    89. Ajo Sep

      Paja tu nan buto moh

    90. Okta Ferdian

      sabalun Gaek Ko jadi kyai, lah ado kyai kyai nan iduik Dari inyo mah.. diabilang warga Sumatra Barat Buta alquran keceknyo..kami Gadang lalok disurau gaeeeek..mana likenyo kawan minang..gaek Pantekk

    91. Andalas putra

      Min min....hadweeeh.... Sy blesteran jawa sumatra min Jangan sok tau tentang sumatra! Dikasih iming2 jabatan saja dah ijo ,,aplg baru calon lg!! Anggap spele sx soal sumatra,,macam dsana ustad2 n guru2 ngaji gak ada kah!! Klo udah pikun ya istrht sj dirumah mbah!! Yg namanya pemimpin itu harus legowo.. Dan sadar diri dngan usia!! Krn banyak putra2 bangsa yg lbh pas untuk wapres.. Logowo artinya harusnya dr awal tolak saja nyalon wapres,,serahkn yg putra2 bangsa lainnya,,jangan ijo liat jabatan ,,kecuali klo untuk membela agama islam,,tp faktanya bnyak polemik dr pada setujunya,,,no 2 pokoknya.

    92. Azir Ribady

      SETUJU BANGET KATA KATA DARI USTAD JEL,, YUP'S ^_^`` ITU LAH MINANG

    93. Pemuda Pecinta Majelis PPM-AL AMIN

      Bismillah 2019 prabowo&sandi πŸ™

    94. Dora Marsa Yuni

      Minang kabau, ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH. KAMI TERSINGGUNG DIBILANG BUTA HURUF AL-QUR'AN. JNGAN PILIH MA'RUF AMIN,, Dan org minang yg masih milih dia berarti Bukan org minang lagi,, minangnya hilang yg tinggal kabau.

    95. Puerto'D Rico

      Kami urng minang ketek gadang disurau rata2 smpai yg mada atau nakal baraja di surau pak kiai 😁

    96. Putra Naldi

      Anda tau gx.. Kami org Minang semua nya itu Islam..klau anda bilang kalau ada org Kristen ngaku org Minang itu bukan org Sumatra barat. Karena org Sumatra barat itu Islam..

    97. Rozi Mardiyansah

      Sasek gaek tu ma....

    98. Anolap 08

      saya sangat tau jika orang sumbar itu islamnya kuat,jadi mana mungkin ga tau dan ga hafal alquran.karna kerajaan islam pertama di indonesia, SAMUDRA PASAI ADA DI SUMATRA.kalo kampanye mbok yg wajar aja mbah

    99. Rambo Darat

      Habis amal karena kekuasaan dunia☹️☹️☹️