Ust Evie Effendi Bilang Nabi Muhammad Awalnya Sesat. Simak Penjelasan UAS Berikut Ini

661 826 Ditonton320

    Ust Evie Effendi Bilang Nabi Muhammad Awalnya Sesat. Simak Penjelasan UAS Berikut Ini
    Ustad Evie Effendi membuat pernyataan kontroversi karena telah mengatakan bahwan Nabi Muhammad Awalnya sesat, dia salah mengartikan makna dalam Al Quran. Kemudian muncul beragam tanggapan dari pihak tokoh agama lainnya yang mengatakan bahwa penyataan tersebut murni salah dan keliru.
    Sumber Video : FSRMN TV
    id-news.com/chl/UC9_GyaJCZ3dsZOLjGLGBpMw
    Berikut adalah penjelasa Ustad Abdul Somad, Lc., MA mengenai kata Sesat tersebut yang terdapat dalam Alquran Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11.
    Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11.
    وَالضُّحَى (1) وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى (2) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى (3) وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَى (4) وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى (5) أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَى (6) وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَى (7) وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَى (8) فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ (9) وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ (10) وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ (11)
    Artinya:
    1. Demi waktu matahari sepenggalahan naik.
    2. Dan demi malam apabila telah sunyi.
    3. Rabbmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu.
    4. Dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu daripada permulaan.
    5. Dan kelak pasti Rabbmu memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas.
    6. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim lalu Dia melindungimu?
    7. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung lalu Dia memberikan petunjuk?
    8. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan lalu Dia memberikan kecukupan?
    9. Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang!
    10. Dan terhadap orang yang minta-minta, maka janganlah kamu menghardiknya!
    11. Dan terhadap nikmat Rabbmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).
    Tafsir Surat Adh-Dhuha, ayat 1-11 bisa baca di link di bawah ini juga
    www.ibnukatsironline.com/2015/10/tafsir-surat-adh-dhuha-ayat-1-11.html
    Rasulullah ﷺ bersabda:
    فَوَ اللهِ ، لأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرِ النَّعَمِ
    “Demi Allah, apabila Allah memberikan hidayah kepada seorang laki-laki dengan perantaraan usahamu, maka hal itu lebih baik daripada engkau memiliki unta-unta merah.” (Muttafaq ‘Alaih)
    Rasulullah ﷺ bersabda:
    مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
    “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim No. 1893).
    Follow Kami di :
    Subscribe : bit.ly/2JUz0Om
    Google + : plus.google.com/114686549239673160974
    Fanspage : facebook.com/pencintaulamaaswaja/

    Dipublikasikan tanggal 7 hari yang lalu

    Komentar

    1. Rico Rico

      سُبْحَانَ اللّهُ اَلْحَمْدُلِلّهِ اَللّهُ اَكْبَرُ Terimakasih Ustadz Abdul Somad atas penjelasan & pencerahannya semoga Allah سبحانه و تعالى selalu menjaga ustadz dgn rahmat & raheemnya.. Untuk Ust. Evie ada baiknya kita sama2 doakan semoga beliau tetap Istiqomah & semakin memperdalam ilmu agama Islam (terutama kita semua). Manusia gudangnya salah, mari kita sama2 belajar utk bertabayun & belajar utk memaafkan.. wallahu a'alam.. 😊🙏

      1. Syita Tengku

        deepInmyheart 14 setuju sekali👍

      2. deepInmyheart 14

        tapta jani lihat saja ceramahnya saat menyebut baginda nabi, seperti dia menyebut nama temannya, padahal sudah diberi tau jangan menyebut nama nabi seperti menyebut nama temanmu, kang evi seperti tidak menghargai baginda nabi

      3. deepInmyheart 14

        tapta jani kalo cuma belajar baca tulis mah guru sd juga bisa, tapi mencari guru Agama yang benar itu susah

      4. deepInmyheart 14

        tapta jani ga perlu dibalas komentar saya, cukup pikirkan yang saya katakan ini benar atau salah, itu saja

      5. deepInmyheart 14

        tapta jani jangan panggil ustad, panggil aja kang evi, seorang ustadz untuk ceramah itu harus ditelusuri riwayat pendidikannya, dia berguru dimana, jangan sampai saat berceramah dia malah menafsirkan ayat atau hadits menurut nafsunya seperti kang evi, contohlah UAS menafsirkan sesuatu menurut pendapat para ulama, tidak seperti kang evi yang menafsirkan menurut nafsunya saja

    2. LISNA WATI

      UAS the best pokonya

    3. Snat Cher

      sumpah si evie bilang maaf ke ormas doang jadi cuma ormas ya yg tersinggung?? sama bilang saya belum banyak tau kalo mau ceramah ya kudu tau dulu lah bukan maksud gw adu domba gw cuma berpendapat kenapa yg dimintai maaf cuma ormas?? rakyat muslim yg lain tidak dianggap??

    4. Utay Alfian

      pas Orok Te nyaho Nanaon,, pas Gede Lakah Nyanyahoanan... nafsirkeun al-qur'an sembarangan.. mang Evi evi..

    5. Arid Nuzman

      Mana...gak ada yg BAP.....!!!???

    6. Arid Nuzman

      Demo dong....demo sejuta umat gitu....penjarain....Baginda Rosulullah dikatakan seperti itu...Diem aja

    7. Ahmad Yani

      evie efendi ituuu yg sesat,,,dasar setan evie efendi thuu.

      1. khensin gaming

        Ahmad Yani kaya ente gs pernah salah aja

    8. KUSFRIADI ADI

      ustad evi itu tidak suka maulid, itulah akhirnya mudah bilang sesat

    9. Siti Azizah

      Org kayak gini ini yg bahaya.....ngaku2 ustadz....padahal ceramahnya ngawur....saya pernah lihat evie ini diacara tv swasta pd bulan puasa....saya heran dgn tv swasta tsb, kok bikin acara pengajian nampilkan ustadz yg gk jelas banget.

    10. shammy syamlan

      Alhamdulillah, wktu kcil sempet belajar ngaji...masih inget klo nabi umur 7 thn saat bersama sayyidina Ali didatangi malaikat Jibril...wallahu alam bisawab, Jibril mengganti hati nabi dg hati yg lbh bersih sehingga Nabiallah Muhammad bersifat Maksum sedari kecil sblm akhil baliq...buat saya pribadi dan sy yakini/imani hingga sekarang tiada kesesatan yg nabi alami sblm menjadi seorang nabi dan rasul sekalipun...Julukan Al "Amin yg terpercaya sdh nabi sandang sblm datang kenabiannya.

    11. ad ri an adrian

      bismillah : tidak ada mahluk yg allah ciptakan yg allah benci dan seperti itu juga dengan para malaikat melain kan ke pada mahluk yg tidak beriman dan bertakwa ke pada allah

    12. FRANS SALMON

      ❎❎❎❎❎KRISTEN...PERHATIKAN... 👇👇👇👇👇 Keluaran 23:13 (TB) Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu." 👆👆 YAHWEH...BAPA KITA / BAPA TUHAN KITA YAHSHUA/ YESUS / JESUS BILANG...JANGAN... ====%%======== @@@ ALLAH / Allah adalah NAMA ILAH BANGSA ARAB / NAMA TUHAN AGAMA ISLAM ===========%==== ❎❎ INGAT...INGAT... YAHWEH YG LARANG.. BUKAN FRANS YG LARANG.

    13. sogol mogol

      Saya risih Nabi Muhammad di panggil Muhammad. Gak ada santunnya. Contoh kecil. Seorang yang keilmuanya secuil saja dipangil ustad terus dipanggil nama katanya ngak sopan. Ini nabi yang agung, kok dipanggil nama.!!! Heran.

      1. Dewi Masluhah

        setuju.. kmren wktu ust.evie ceramah.. nyebut nama nabi muhammad cm "muhammad" doang..kyk nyebut nama temen main masa kecil aja.. rada kesel jg dngernya

    14. moe r25

      Pantas lah smpean slh kng evie.karna mnerjemh kan ayat.hanya melalui pemahmn sendiri bukan melalui pemahaman par ulama yang di smpaikan.... Hati2..

    15. panji hartanto

      belajar dan betobatlah kau ustad abal2 agar kau tdk hina nabi dan rasul kami Muhammad SAW !! jangan menyampaikan ilmu agama seenaknya sendiri. belajar ilmu agama harus punya guru yg mempunyai sanad atau urutan sumber ilmu sampai rasulullah. "Al isnad minaddin laula isnad qola mansha'a" yg artinya sanad itu bagian dari syariat agama tanpa sanad orang akan berucap sekehendak nya (tanpa ilmu) Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menguraikan Al Qur’an dengan akal pikirannya sendiri dan merasa benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan”. (HR. Ahmad) Imam Syafi’i ~rahimahullah mengatakan “tiada ilmu tanpa sanad”. jadi bertobat lah wahai kau @evieeffendie

    16. Rismon Simorangkir

      Ust ee tdk bilang seaat karena menyembah berhala kan? Yg beliau maksud Setiap bayi itu sesat dalam artian blm mengenal Alloh SWT atau blm tahu apa2, termasuk nabi Muhamad SAW. Itu artinya beliau gak faham tafsir dari surah ad'duha. Dan yg jdi soal juga beliau mempermasalahkan maulid nabi. Kalau yg ngerti bahasa sunda pasti faham apa yg beliau maksud.

    17. Andi Marthen

      Entah apa jadinya kalo ini tidak viral, tidak ada ulama2 seperti uas yg menjelaskan yg sebenarnya. Bagaimana nasib bagi umat yg paham agamanya masih rendah. Saya yakin tidak sedikit jamaah yg hadir di majelis itu akan meng iya kan ceramah bro kita ini. Betapa bahayanya lisanmu evendi. Kau rendahkan nabi besar kita kau hinakan dia dengan bilang maulud adalah merayakan hari kesesatan nabi. Dan kau panggil nabi seolah2 nabi adalah kawan sepermainanmu dimana ADABmu wahai saudaraku yg bergelar USTADZ apkah kau tau arti gelarmu itu... Laaillahaillallah......

    18. Kusti Telco

      Eh, evi.. ilmu baru se ujung kuku mending ente santri aja, cuma bikin malu islam doang loe, ktemu gw di jalan , gw klepakin pala lo

    19. harmi suhermin

      Evi kayaknya perlu belajar dulu sebelum dakwah biar tdk asal ngomong

    20. Oji Fahruroji Fahruroji

      Waduh payah ni ustadz efendi...

    21. nothing last forever

      Emang ustad goblok Evie Evendi , kyk setan namanya evil menafsirkan sendiri padahal udah ada ulama yg menafsirkan dia malah mengarang goblok, untung ustad sudah banyak yg menjelaskan yg sebenarnya kalo di diamkan nih ustad goblok org" bisa sesat emang setan Efendi dia ustad yg ngarang waktu di OVJ sahur asu dia tolol waktu di acara ovj sahur aja dia hampir di tuntut karena menghina langsung minta maaf asal bacot tuh ustad.

    22. Asep Sanji Kun

      Si evi ga pantes di bilang ust. Tapi pantes di bilang abal abal.

    23. Khoirul Imam

      Seharus yg ini yg dilarang dtng Ke Bali Sm semarang bukanya UAS..klo perlu tmpat lain larang..ilmu msih cetek ngsih tausyiah...jmaah iya2 aja lgi gk ada yg protes...

    24. tiger famiglia

      Nabi muhammad bukan SESAT tapi dia tersesat dan di kasih petunjuk yang lurus dan benar oleh allah swt . ASTAGA MAKIN BANYAK ORANG YANG SOK PINTER AJA MAKANYA PAK USTAD EVI YANG DI MULIAKAN ALLAH KALO BELAJAR YG BENER YANG TINGGI JANGAN SOK TAU KALO GAK TAU

    25. Reza Muhamad Ramdani

      Erek k mana atuh gaya ? Mun teu nyaho ulah sok nyanyahoanan ! #e'e 😏

    26. Hamba Allah

      ustad evie masih se enak jidat mentafsirkan,ngaji lg dong ke ustad abdu somad atau ke habib rizieq

    27. Iqbal Hamidi

      Seperti inilah seharusnya menjelaskan mana yg benar. Bukan ngatain goblok sampai2 ngajak berantem. Ustad macam apa itu -_-

    28. Putra Jingga

      Assalamu alaikum wR.WB Terima kasih pak UAS atas penjelasannya krna ini sngat berarti sekali ! Wassalamu alaikum WR.WB

    29. Muhammad Amin

      Evie..klo bicara jngan asal ngomong nt..belajar agama dlu lah yg bnar..baru nt berdakwah...

    30. cece supiandi

      Maka nya ngaji goblok

    31. Ahmad Fatahillah

      hehehe... mantap deh

    32. siti salma

      Ngastrol lagi atuh evi pek aji ilmu mantek ilmu bayan.biar ngomong nya g asal asalan

    33. Jaka Husein

      evi lo mending jadi penyayi aja ga usah jadi pendakwah...ga cocok banget omongan kya ngarang lagu...hadeuh

    34. Pak Oman

      eviii makmum aj dulu jgn so,soan dakwah.

    35. Suwardi Wardi

      Wah Enak banget Evi sudobol:Sdh kleru malah di undang MUI bukannya polisi,Zaskia pekok jadi duta pancasila,Lhah kalau maling pitik ketangkep bonyok di keroyok, baru di bawa ke polisi,Apeees jadi pelanggar hukum kecil kecilan yg sekedar hanya untuk makan . maling

    36. gushendri aldi

      Ustad evie kan belajar'a otodidak ya beda SM ustad Hanan ataki yg memang belajar.. style mereka sama to pertanyaan'a siapa duluan sih sbnr'a yg dakwah dgn gaya busana bgtu hehe soalnya sama persis

    37. Noor Ipansyah

      Mantap uas, ini baru ustad ane.

    38. Pinang Tanjung

      Ustad efi. Udah jelas2 mensalah artikan ayat2 suci ALQURAN. Berarti juga melecehkan agama islam. Juga nabi junjungan kita. Nabi MUHAMAD SAW. mana keadilan ni? Ahok aja yg jelas2 tidak sepaham, langsung dijebloskan, didemo, dll.. Mana pengadilan hukumnya???? Trims atas pecerahan UAS.. jadi kita lebih tau lagi..

    39. Konami Sasuke

      👏

    40. Heru Purnama

      Aah si Evi mah nyanyahoanan

    41. Nurdin Hakim

      Alhamdulillah.. Seharusnya beginilah cara meluruskan yg salah.

    42. Sohib Cupliz

      UAS is the best..

    43. aang ado

      Pantes aja bapa gw kurang suka dari dulu dgn gaya ceramahnya, Ust evie ceramah nya emang lebih condong untuk kaum remaja kurang cocok kalo ceramah untuk orang tua, harus banyak belajar lagi ilmu agama jangan setengah2 ini akibatnya fatal kalo salah dalam berceramah

    44. Aroni Kia

      Saya sarankan belajarlah sama ustad seperti UAS jadi penceramah harus ilmunya mumpuni ya makasih

    45. FAKHRI SETIO

      subhanallah

    46. Aji reki lesmana

      menurut ustd yang lain nabi muhammad pernah TERsesat , tapi menurut ustd evvie nabi muhammad sesat , kurang huruf "TER" nya ustd evvie , mungkin disini bisa dibilang ustd evvie belum betul paham tapi insya allah dengan diberi arahan bukan cibiran atau hinaan , semuanya akan baik baik aja gagampang loh belajar agama , banyak ujian dan cobaan yang datang , maka kita seharusnya memberi arahan bukan mencaci orang yang salah , apalagi sesama muslim , terimkash Ustadz Abdul Somad buat ilmu dihari ini

    47. Iwan Budiman

      nabi ubur ubur

    48. Double Zz

      Seperti inilah seharusnya, ketika ada yang salah diluruskan, bukan dihujat dan dihina karena islam itu bukan agama penghujat. Semoga sehat selalu UAS

    49. Rauzatul Jannah

      Om evi monggo belajar agama dulu kalo udh professional bari ceramah,, karena salah ngomong salah pemahaman

    50. Sanjoto Tri Pamungkas

      hhaahahaa gayanya aja udh sok sok an gtu.dah ilmu gk seberapa mau jd ahli ceramah naon naon ndasmu!!!! emg kl org yg sok pintr itu keliatan lbh hina drpda org yg diam tp bodoh.sesat???otak dia yg sesat.ceramah pke topi pke kaos dibilang ustad gaul????? iya gaul tp rendah ilmu!!!