WAH! INI PENGAKUAN ORANG MALAYSIA TENTANG BATIK DAN RENDANG!

Nihongo Mantappu

Nihongo Mantappu

998 334 Ditonton1 958

    Konnijiwa! Di Video kali ini aku mau Tanya Orang Malaysia: BATIK dan RENDANG punya siapa? TONTON SAMPE HABIS YAH! Bantu Share :)
    Aleader: www.aleadergear.com/collections/mens-water-shoes/products/mens-xdrain-venture-water-shoes?variant=12580901355554 kode: NIHONGO15
    Thumbnail by: @gilangpb
    instagram.com/gilangpb/
    Trus dukung channel ini dengan cara:
    SUBSCRIBE: bit.ly/Subsnihongomantappu
    Channel ini bakal upload 1-2x seminggu loh!
    Turn on notification biar ga ketinggalan ya!!
    Follow Instagram:
    Jerome: instagram.com/jeromepolin/
    MANTAPPU JIWA!

    Dipublikasikan tanggal Bulan Yang lalu

    Komentar

    1. Nihongo Mantappu

      BTW GUYS, kan aku add mereka semua di medsos, aku udah kasih data2 UNESCO dll nya kok, jadi mereka juga sudah tahu. Tapi di interview dan diskusi kali ini, pikiranku jadi lebih terbuka dan jadi tahu sebenernya apa yang mereka pikirkan (ya ga semua mereka sih, tapi at least orang-orang ini). Yang penting kita terus lestarikan budaya kita yah! Mantappu jiwa!

      1. Rifky Ahmadmuzaki

        Tanya bang,reog dari mana

      2. Rider time Revolution

        Bang tanya wayang darimana...

      3. calvin yip

        +Acab Ameer most of the comments here are hating Malaysia saying Malaysian stupid . Destroy Malaysia in Indo words . Even the ID-newsr also hating Malaysia . Don't get it why so much hate. 2 country have own style and culture . Even Japanese and Korean words come from China. Melay words come from English? They create their own word language and culture. Same as food etc . Don't get it why so many indo hate Malaysia. Plus they never show respect to Malaysia and the people of Malaysian. Hope your a Malaysian bro. If not thanks for the rational comment.

      4. Muhammad Azrul Azrul

        Kulit kita pun sama ni sedar la kita ni malay

    2. Gracia Michelle iceng

      Coba tanya upin ipin dari mana

    3. AkanoNime

      2 pria itu yg video pertama. sumpah smart banget dah :v

    4. aku ganteng

      Intronya bagus .....

    5. Muhammad Ali

      Upin ipin dari nggak dari malaysia, kan belajar ngedit nggak dari malaysia, woiiii

    6. Renata Kurniawan

      ingin ku berkta kasar pada jawaban yang cewek

    7. Lele Goreng

      Sama juga dengan rendang, rendang malaysia sama rendang Indonesia test berbeda..

    8. Lele Goreng

      Batik malaysia ada dan coraknya memang berbeda dengan corak batik Indonesia... Masing2 negara memang ada..

    9. Rehan Pramudiva

      Rendang dari Malaysia?! Asal usul rendang ditelusuri berasal dari Sumatera, khususnya Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu dan telah menjadi masakan tradisi yang dihidangkan dalam berbagai acara adat dan hidangan keseharian. ... Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Asal: Indonesia Jenis makanan: Menu utama Dari daerah: Sumatera Barat

      1. Rehan Pramudiva

        Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa, "ambhatik" dari kata "amba" berarti lebar, luas, kain; dan "titik" berarti titik atau "matik" (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik) dan kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada ...

    10. guntur dewa

      X: Sebenarnya kfc itu drimana? Y: dari indonesia X: kok bisa? Y: soalnye di indonesia jual kfc

    11. Im Slayer

      Rendang itu asal nya dr sumatera barat, cuman karena banyak org sumbar yg merantau2 mereka memperkenalkan makanannya yaitj rendang, karena rendang itu bisa disimpan dlm suhu yg normal bisa berminggu2 jadi cocok buat dibawa2 merantau.

    12. Alexander Simamora

      mantapp, berani banget bangg salut

    13. xie Ndi

      Claim APA ?.aseanni 1nusantara keturunan melayu bugis jawa jadi tidakpayah claim 1 sama lain..cuma negara kita saja bepisah

    14. Surya Gumilang

      Bilang Dong Batik Sudah Di Sahkan Oleh UNESCO Milik Indonesia

    15. nabilla zul

      Kecewa pulak tgk cara cewek 2 org tu menjawab, mcm tak tau apa2 pasal negara serumpun..jawapan dr cowok tu baguih👏..batik n rendang tu kat Malaysia & Indonesia ada..yes batik ciri khas Malaysia tu batik Terengganu mmg berbeza dr sudut corak, material nya juga beza..well hawaii pun ada batiknya juga..kita pun boleh bezakan dgn batik Indonesia n tau yg mana batik Indonesia..soal makanan payah sikit nak kata asal usul mana sbb mmg ada kat dua2 negara,..yg penting enjoy je mkn makanan tu asal sedap di mulut kenyang di perut..hahah ..isu claim2 ni tak de pun kat malaysia sebenarnya..Di indonesia je yg kecoh.. don't know why, maybe sbb media yg suka besar2kan isu mcm ni..apa2 pun nice video👌👌..salam & peace from Malaysia

    16. tommy wesung

      Lestarikan budaya Indonesia agar nggak di klaim negara lain... Kemaren-kemaren sih banyak yang gak begitu peduli dengan budaya lokal Indonesia...ehh...begitu ada yg klaim...langsung panas... makanya kalo gak mau di klaim...cintai dan lestarikan budaya asli Indonesia. Yang 2 cewek itu sotoy...malah keliatan kurang pinternya.. kalo gak tau mending no comment aja sih...daripada konyol... kalo yang 2 cowok itu bijak jawaban mereka... menurut aku sih gitu.... Mantap jiwa..

    17. Jess Boo

      That's true tho, rendang is a malay thing. Malay sama malaysian beda loh ya. Malay=melayu(ethnicity), malaysian=malaysia(nationality). Dan bener kata mbaknya, orang melayu tersebar ada di malaysia, indonesia, thailand pun ada. Jadi wajar aja kalo rendang ga cuman ada di Indonesia. Seneng banget liat komen2 disini banyak yg positif, gak gampang triggered ngata2in malaysia maling pdhl dia sendiri gamau cari faktanya :(

    18. meme global

      batik itu bukan dari indonesia tapi dari jawa wkwkwk

    19. meme global

      yerusalem dari mana,siapa yg klaim,israel atao palestina

    20. Aji Setiaji

      Saya kan turunan jawa juga. Tapi saya pernah loh ditegaskan sama orang Malaysia kalo kita tuh seharusnya tetap serumpun sampai kapanpun. Karena penjajah lah yang telah memisahkan kita. Saya pun harus mengkui saya melayu jawa walaupun dari segi fisik saya cenderung asiatic dan kurang dapat wajah melayunya.

    21. Igan Rigan

      Redang dari padang

    22. Sekar Arini

      Gue setuju Bijak syekalehh

    23. Mikaela Shina

      Dengerin tuh wahai para cebong :v

    24. Adhan Coke

      Klo menurut saya itu smua dari indonesia cmn nah berjalanya waktu orng” tua jaman dulu mungkin ada yg merantau ke malaysia nah dngan membuat batik ataupun makanan rendang jadi orng” malaysia ngiranya itu smua berasal dri malaysia mangknya mreka gatau sejarah atau asal usul batik ataupun rendang

    25. fpr. Thanos DarkKage

      Bodo

    26. TVC

      maaf tapi wawancaranya juga gajelas hehe

    27. Mhmmd Alawi

      Semua negara juga tau rendang itu dari sapi

    28. axel oliver

      Kita sama dulunya Majapahit Empire, yang membuat Mongol kebirit birit hehe, IAm FrOm INdoNEsiA😄😄😄

    29. Channel Santai

      Gak Usah Ribut Tentang Masalah Makanan, Pakaian, Adat Istiadat... Karena Semua Itu Telah Ada Sejak Duluuuuu.... Sebelum Indonesia, Dan Malaysia Ada Di Dunia Ini..... Seharusnya Malaysia Tidak Mengklaim Milik Malaysia Saja... Juga Indonesia Tidak Mengklaim Malaysia Pencuri Budaya.... Karena Budaya Itu Telah Ada Sejak Dulu.... Sebelum Indonesia, Dan Malaysia Ada Di Dunia.....

    30. Fajar Ariefianto

      Malaysia anjing,, zaman dulu itu yang berjuang buat kemerdekaan nusantarasa tuhh dari pejuang pejuang Indonesia bukan Malay,, Malay mah ikut merdeka nya doang,,

    31. Indah Rejeki

      indonesia malaysia itu memang satu atap awalnya, bahkan dulu waktu jaman jajahan belanda, pelajaran bahasa indonesia itu mau pakai bahasamelayu, tapi beradu-argumen sama belanda, karna belanda pengen bahasa belanda di jadiin pelajaran bahasa di indonesia, dan akhirnya bahasa melayu yang menang, rendang itu punya Indonesia, rendang itu punya Malaysia, di Indonesia, rendang asal dari orang padang, sedangkan orang padang bahasanya masih ada bahasa melayu, bisa jadi orang padang ber-migrasi ke malaysia waktu jaman bahela ya kita nggak tau, dan akhirnya di malaysia di perkenalkan rendang, atau justru sebaliknya orang malaysia ada yang bermigrasi ke Indonesia, dan di perkenalkanlah rendang itu, who knows? tapi jauh sebelum proklamasi 17 agustus 1945, sebetulnya Malaysia dan Indonesia, juga Singapura, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, maupun Timor Leste, merupakan satu rumpun Melayu dan sedarah. Masyarakat dan bangsa di negara-negara itu berasal dari keturunan yang sama.mungkin karna dulu mereka (Indonesia, malaysia, Brunei, Singapur, Fhilipina, kamboja) bersaudara karna kedekatan mereka, bisa jadi mereka bertukar pikiran dan juga hasil mereka, misalnya makanan. kalau soal batik itu memang asli Jawa. jadi saya ulangi, Batik itu asli milik negara saya yang tercinta Indonesia. kenapa saya bilang filipina juga? karna sebagian bahasa indonesia mengandung bahasa filipina, ya nggak banyak. dan yang belum tau, bahasa Indonesia itu mengandung/donor dari 10 negara, Belanda, Inggris, Arab, Sanskerta-Jawa Kuna, China, Portugis, Tamil, Persia, dan Hindi, alasannya kalian bisa cari artikelnya lah ya. semoga bermanfaat komentar saya. eh maapin kalo ada yang salah tolong di benerin kata kata aku

    32. zero pratama

      Punya indonesia

    33. Eko Widodo

      Yg penting pempek jngan di aku2 😃

    34. Meutia Puspita

      Serumpun tu benar laa... kite di riau juge bebahase melayu macam mereka. Baju adat kite same, makanan pun same, musik, alat2 tradisional same. Tak ade beza.

    35. Emir wardana

      Rendang berawal dari padang, mangkanya ada tulisan dang nya, anda paham malaiysia

    36. Emir wardana

      Jangankan batik dan rendang, tari Indonesia aja di akui punya malaysia, nanti lama² bakalan semuanya di akui awalnya dari malaysia 😒

    37. DausMF 08

      Mantap jiwa mas.. wkwkwk

    38. Irfn Arfn

      Mie Aceh mngkn mrka klaim pulak lgii👿👿👿

    39. Trader Mulia

      Batik masing-masing ada ciri khas sendiri, memang ada di Indonesia Malaysia. Saya asal Bengkulu, punya batik basurek yg juga berbeda dg batik di pulau jawa, papua, kalimantan dan lainnya. Bahkan rendang pun ada di Bengkulu berbeda dg rendang minang, jambi dan lampung (meski kadang bahan ada yg sama). Klo ingat sedikit sejarah suku di Indonesia dan Malaysia. Dulu Malaysia, Pulau Sumatera, Bangka Belitung dan Kalimantan itu termasuk suku Melayu, dan di Jawa adalah Melayu Jawa. Teman2 kita dari timur Indonesia lebih dekat ke suku di Australia dan Papua Nuginea. Semua sebelum lahir negara Indonesia dan Malaysia. Bahasa daerah bengkulu juga Melayu Serawai. Jadi...kita memang serumpun dan bersaudara, jadi nikmati persaudaraan ini. Kan enak klo ke negara lain ketemu orang yg serumpun bisa diajak ngobrol bahasa Indonesia / Melayu. Good job Bro, Jerome. Ja Matane.

    40. R I

      Klog kata nenek aku yg di malaysia( kuala selangor) rendang dri indonesia. Batik jugk, cuman karna org indonesia, yg tinggal di malaysia mbudayakn itu dri jman dlu. Jdi susah jgk klo jman skrg nanyak sejarah sma ank jman now. Knpa?, krna ank skrg bnyk belajar untuk masa depan dri pada mengenang masa lalu. Indonesia malaysia brantem cuma d suporter sukan" dan d sosmed. Klog udu jumpa ya sprti saudarah. IndoMaL

    41. Reynaldo Arung

      Kakak asli orang mana???

    42. Mohd Yαzid

      Dimanakah cikgu Rohaya ?

      1. Muhd Najmi

        dari teloa paang

    43. Choiril Nufus

      3:00 goblok hahahaha 😅

    44. YR Gaming

      Kok emosi ya:v

    45. ali an-najmi

      rendang dari sumatera barat, kebanyakan terutama Orang sumatera itu makannya rendang disaat ada acara2, seperti nikahan, hari lebaran, hari besar, dll.. itu ciri khas kami orang sumatera,.

    46. Azari Awi

      BATEK asli dari Sri Lanka yg di bawa pedagang2 dari Sana 700 tahun yg lalu. Bukan asli Indonesia

    47. The cloud

      Malah lucu gua nonton

    48. Rival Gaming

      Malaysia Plagiat Doang Njinkk!!

    49. zuan n71

      jika org berilmu berbicara senang difahami.faham?