WAH! INI PENGAKUAN ORANG MALAYSIA TENTANG BATIK DAN RENDANG!

Nihongo Mantappu

Nihongo Mantappu

1 388 165 Ditonton2 602

    Konnijiwa! Di Video kali ini aku mau Tanya Orang Malaysia: BATIK dan RENDANG punya siapa? TONTON SAMPE HABIS YAH! Bantu Share :)
    Aleader: www.aleadergear.com/collections/mens-water-shoes/products/mens-xdrain-venture-water-shoes?variant=12580901355554 kode: NIHONGO15
    Thumbnail by: @gilangpb
    instagram.com/gilangpb/
    Trus dukung channel ini dengan cara:
    SUBSCRIBE: bit.ly/Subsnihongomantappu
    Channel ini bakal upload 1-2x seminggu loh!
    Turn on notification biar ga ketinggalan ya!!
    Follow Instagram:
    Jerome: instagram.com/jeromepolin/
    MANTAPPU JIWA!

    Dipublikasikan tanggal 3 bulan yang lalu

    Komentar

    1. Nihongo Mantappu

      BTW GUYS, kan aku add mereka semua di medsos, aku udah kasih data2 UNESCO dll nya kok, jadi mereka juga sudah tahu. Tapi di interview dan diskusi kali ini, pikiranku jadi lebih terbuka dan jadi tahu sebenernya apa yang mereka pikirkan (ya ga semua mereka sih, tapi at least orang-orang ini). Yang penting kita terus lestarikan budaya kita yah! Mantappu jiwa!

      1. MONA soo

        Temen satu pondokku orang maay dia bilang kalo disana tu lebih populer ketimbang saat mereka ke indonesia plus pas bandingin rendang asli indonesia + yang mereka rasain di malaysia dan merekanya bilang lebih enak di indonesia dan saat mereka ketemu orang pada asli mereka baru faham kenapa malaysia ngakuinya.

      2. setia budi

        Saya suka saya suka......akan lebih suka lagi kalau kalian baca sejarah lebih dari 1 sumber

      3. Dimass Muhammad

        +Barry Hafidz yes of course man why? You want judge indo because not all indo people make english language? You know why indonesian not fluent make english language because we love my language

      4. Ami Arsyad

        +Okthy Anggraeni up

      5. CharlieCHIpumpum

        Semua melayu di malaysia ini kan asalnya indonesia.!!!!!!!

    2. Risma Sinurat

      Yang 2 cewek itu gak jelas banget dah

    3. Danu Untoyo

      Banyak orang indonesia yg ngaku ngaku sbg ngra malaysia dan membuat suatu konflik

    4. 9sme

      Thanks, terus bikin konten kaya gini biar makin banyak orang terbuka pikirannya ;)

    5. V3INS PRVJCT

      Saya lagi nunggu baku hantamnya

    6. Ezrixe zone

      Gw dislike gara gara kart gw makin aneh!

    7. Merpati Balap Banjarmasin

      Apakah smu mknn milik m😂

    8. Rony Eka Saputra

      Batik dari nusantara dan asal usul nusantara dari sumpah palapa yg pemimpinnya org indonesia... Org malaysia juga banyak budaya jawa... Walau jawa di malaysia bukan WNI tetapi tetep jawa dari indonesia...

    9. Iqbl Muhammad

      Bagus banget nih kontennya ngajarin kita untuk selalu melestarikan budaya kita :)

    10. Ubay Dillah Rifa'i

      jempol 👍👍👍👍👍👍👍 buat 2 cowo itu

    11. Evan Autis

      Mantap sih yg cowo2 jawabnya kritis sangat

    12. Bigg Boss

      mantap,.....Indonesia Malaysia peace✌

    13. Zahiry Dan

      sebelum penjajah datang lagi.kita sama saja.serumpun...

    14. Heru Sukoco Sukoco

      Tuh manusia klu di dpn hdpn q sdh kutumbuk mukanyaaaaa , tukng ngaku2 djancok

    15. Tumpal sharon

      Kalo batik di mana2 asal mula indonesia,,tanah melayu dari brunei,singapore,malaysia cuma ada baju melayu yg kalau celana di tutup pakai sarung kalo di bilang baju asal mereka seperti kebayak untuk perempuan baju koko untuk laki2,,tanah melayu tidak ada baju adat batik ,kalau ada itu orang pendatang dari indonesia datang ke tanah melayu membuat dan menjual di tanah mereka

    16. Mohammad Zulfahmi Rahmat

      Batik asal jawa ---> jawa asal dari kerajaan Majapahit ----> Majapahit asal India 💆🏻‍♂️ Malaysia juga bermula dgn kerajaan Majapahit..Hebat bukan? 🤣

    17. Putu Rania

      Maklumi lahhh, namanya juga malaysia :))))

    18. D'girls Gaming

      cewek" itu semua bilang dari malaysia, mau suka"nya

    19. kikiruruu

      Yang cewek berdua keselin banget... setuju like

    20. Fauzan Azhiimaa

      Klo yg saya pelajari ttg kebudayaan islam jadi sengaja dpanas2in agar islam kedua negara jadi lemah ... yesyyy kita sodaraa

    21. Fauzan Azhiimaa

      Love malaysia

    22. Rabby Zahran

      Gileee itu 2 cwo bijak... Nicee bangett

    23. Dede Hamdani

      💩

    24. Rudi Stg

      INDONESIA MALAYSIA SATU RUMPUN SATU SAUDARA...RUMPUN MELAYU...NUSANTARA...

    25. Naya Putri Ramadani

      Kesal liat tuh dua cewek yg cewek pertama itu

    26. siti julia Sahratul

      Tu semua milik melayu bukan milik indo atau malay

    27. Ali Marzuki

      Wahh kalo gitu pizza dan burger juga dari Indonesia Soalnya di Indonesia juga ada Wah ga bisa nyatanya itu malaysia yang klaim

    28. Neni Estu

      Gak usah bnyak cakaplah...lha Kata BATIK itu berasal dr bhs JAWA ...mbatik...Amba dan Titik...,jika malaysia itu jg disebut batik ya seharusnya jgn disebut BATIK...cari kata lain..untuk Adminnya.klu ingin survey kyk gini pelajari dulu...jd bs buat edukasi jg buat mrk u di jelasin bkn u bertengkar...toling agak cerdas dikit...saling menghargai dg saling tahu...

    29. GMNI STPMD Yogyakarta

      Malaysia selalu bilang serumpun nusantara. salam satu borneo

    30. Age Suwanda

      rendang itu masakan melayu suamatra ama malaysia itu bahasanya sama

    31. shuhaidi shukri

      Salam mas Arieko Saptowo.maaf mas kalau kamu mahu batik indo punya,bahasa melayu indo punya,struktur bangunan indo punya,makanan indo punya,itu indo punya ini indo punya ambil sahaja.. we are malaysian don’t give **** about those thing.kamu pernah tinggal di malaysia atau bekerja?kalau belum kamu tak usah cakap banyak. tak usah bikin ribut.malaysia tidak pernah mendiskriminasikan mana mana tetangga.yang jelas indonesia memang tidak boleh menerima kePOWERan malaysia.ada saja provokasi.berapa ramai orang indonesia yang bekerja di malaysia aman sahaja malah boleh membantu keluarga serta menjanakan ekonomi indo.saya ada lima orang pekerja indo banyak yang saya belajar dari mereka 1.cakap pandai 2.tidak boleh di tegur 3.tidak boleh org lain lebih 4.solat dijaga sampah buang merata rata walhal kerja sebagai cleaner 5.hisap kretek gudang garam merata rata tanpa memikirkan bayi dan orang tua sudah hisap puntung buang merata rata ingat tempat itu bapak dia punya 6.membudayakan longgogkan sampah depan rumah dan membuat pembakaran sampah terbuka 7.pergaduhan suku kaum 8.semangat keindonesian yang tinggi walhal masuk ke negara secara tidak sah. tidak ada inisiatif mahu jaga keamanan diri seperti berpewatakan malaysia agar tidak dihidu oleh imegresen(bodoh) 9.Ada motosikal di ubah suai kaya indo style.buang cermin sisi.ekzos pom pom pom bising,bawak anak tanpa helmet(children abuse) walhal tidak ada visa atau permit kerja yang sah.mudah di tangkap polis kerana dan di hantar pulang(bodoh banyak yang begitu. 10.banyak lagi kalau saya list sampai 100 belum habis 11.Mengendalikan makanan tidak mengikut standard malaysia.selamba korek hidung depan pelanggan(reality bukan fantasi) Namun begitu saya tidak pernah merendah rendah indonesia.tetapi indonesia

    32. Ma Jadda Wajada

      Kenapa Indonesia-malaysia Ada Persamaan, Ini Karena Mereka Di perpisahan Oleh Bangsa Asing Yang Menjajah Negara Kedua Ini, Mereka Memesihkan Kita Sejak Zaman Dahulu

    33. shah ridhwan

      Datuk ku dari jawa. Tapi maaf aku tak pandai cakap jawa.

    34. Sasongko aji wibowo

      Kasian orang padang sama solo jogja cak..

    35. togashi yuuta

      Batik dari Mesir Sudah ada sejak zaman dahulu

    36. Abdi Nasrulloh99

      Yang Perempuan Kurang Lihat Berita Di Tv Indonesia 😂

    37. Dimass Muhammad

      I have friend from malaysia saya sama mereka berteman dekat sudahlah intinya kita berjuang aja demi membangun negara gausah pusingin kaya gini buktikan kekuatan, kecerdasan indonesia itu yang diperlukan guys

    38. Eksploitasi Android

      Daripada ribut... Anggap saja itu dari nusantara.. Karena budaya dan semua itu adalah titpan allah... Buat apa di ributkan... Lebih baik di syukuri...baru di uji dengan hal seple saja sudah mau membunuh saudara serumpun & seimanmu :v salam wong jowo

    39. Juliyanto Zidan

      Nenek moyang malaysia, bukannya dulu orang indonesia? Sblm malaysia bangkit.

    40. Farhan Tarjo

      Malaysia itu kebanyakan ikut indo semua

    41. Cruzin YTX

      2 orang bijak

    42. Muhamad Arif Zulkifli

      Indon memang suka claim kee ? Hahaha

    43. The Reds

      Soal makanan sama batik aja ribut.. batik malaysia beda sama indo.. kalian pernah liat ngak batik malaysia gmana? Samanya dimana? Rendang ada di malaysia juga krna ada rumpun minang di malaysia barat.jjr malaysia ngak pernah mikirin soal itu kerna mikir cari duit buat makan lebih penting huhu

    44. bocah geming

      Kok gak jelas sih

    45. bocah geming

      Gak bijak banget

    46. Fahimi Mustafar

      Bukan persoalan perkara itu dari malaysia atau indonesia tp malaysia dan indonesia itu dari mana...

    47. Charis Nashiruddin

      Sebelum dipisah jadi negara. Orang jawa biasa merantau ke kalimantan, sumatera, malaysia. Menetap di daerah itu dan punya keturunan. Tiba-tiba Inggris Belanda bagi-bagi jadi beda negara. Orang jawa yang diluar jawa terpaksa ikut pembagian ini. Maka tidak ada yang aneh reog ponorogo di malaysia, batik, wayang dll. Di malaysia semua orang dianggap melayu (selain india/china). Jadi tidak ada salah mereka bilang batik, rendang dari Malaysia. Sebagian orang Indonesia salah paham dan menganggap ini adalah adalah klaim/pencurian. Bukan cuma jawa, minang dan bugis juga banyak beranak pinak di Malaysia. Salah satu PM Malaysia keturunan bugis, ada juga menteri pertahanan Malaysia keturunan jawa dan fasih bahasa jawa

    48. Maria Yosephine.A

      Batik sudah terkenal sampai keluar negri, Batik siapapun boleh memakai

    49. Batang Pitik

      8:40 salah tuh bang. Ini nilai tambah juga buat Indonesia dari segi pariwisata

    50. Baliq yopinter

      Wkwkwk kenapa ada klaim? karna biar ga diklaim Peace Love n Gaul 😂😎😘 Justru karena sekarang zaman Internet, seharusnya sudah tak ada rasisme... kalo pada baper n marah" berarti belum siap sama Internet. Sementara people now harus open minded. Ingat ayat dalam Al-Quran, kita diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal bukan saling menhujat. Dan rata" org menjudge ya karena mereka belum tahu dan belum paham cara kerja dunia ini oh men... ingat juga bahwa kita hanyalah satu spesies, sama-sama manusia dengan segala keterbatasannya. Semoga Allah menjaga kita semua dari tipudaya duniawi, aamiin. #anakjawatinggalsebulandikualalumpur 😇

    51. mr ana aiman azharry

      Lohhhh gk usah gaduh sihhh....yang penting kita bisa makan sma pake....😄😄

    52. Jhonson -

      bagus penjelasan orang Malaysia soal batik

    53. Acaisuper7676 Acaisuper7676

      Malaysia :: cristina ronaldo asal mana Indonesia :: asal indonesia.. Malaysia :: messi asal mana Indonesia :: asal indonesia... 😆😆😆 Claim smpai habis 😆

    54. Mosesa Grace

      males liatnya duhhhhh yg cewe tu

    55. KenToTGaming

      2 cewe asu sok Tau pen gw tampol kampang tu 2 cewek gaje

    56. hahahariz_

      Batik pun nak bangga dah ko bawak batik kat Malaysia ko pulak nak claim do you have 🧠 semua benda ko nak claim amik la x hamak bodo

    57. Rafi Amir

      rendang itu dari indonesia

    58. Rafi Amir

      rendang itu dari indonesia

    59. Cristiano Ronaldo7

      Gara" ini video gw unsubscribe

    60. Adam Adam

      Bukan mereka mengklaim budaya kita

    61. Agus Pramuka

      Hebat mengakui Nusantara itu ada orang Malaysia

    62. DReaM ForeveR

      Guys! Malaysia Indonesia itu serumpun Budaya tiada berbeza,jangan lah jadi seorang yang loser fitnah menjadi senjata dan sebenarnya yang membezakan kita adalah, di dalam hati ada penyakit iri hati/hasad dengki.

    63. Shandy Firmansyah

      Wkwkk dari dulu suluru khas Indonesia emang di akun Malaysia

    64. rara comel

      Sukak sukak

    65. Fajar_ Joel

      Indonesia dan Malaysia sebenarnya satu Nusantara satu. Hanya para penjajah egois yg memisahkan kita membuat kerajaan yg ada di Nusantara membuat persatuan sendiri" hingga muncul batas Nusantara Malaysia dan Nusantara Indonesia. Tapi intinya Nusantara tetap satu

    66. Leon Erickolim11

      intinya rendang itu punya daging

    67. raihan arya

      Gua rasa mereka itu bukan nya mengclaim yah, tapi mereka itu mempertahan kan apa yg mereka rasa milik mereka. Di situlah kita(🇮🇩) meluruskan bahwa itu milik(🇮🇩) bukan(🇲🇾). Dan gw agak kesel sama 2 orang cewek yg pertama yang dia bilang batik itu dari jawa tapi jawa bukan cuma ada di (🇮🇩) tapi juga ada di (🇲🇾) kenapa gw kesel, karena yg gw tau kenapa jawa ada di malaysia itu karena orang" jawa dulu bekerja ke sana dan mengenali budaya dari jawa tapi tetap aja yang namanya jawa itu berasal dari indo bukan malay. Dan soal rendang mereka bilang rendang itu berasal dari melayu(indo dan malay) kalo gw rasa mereka salah karena setau gw rendang itu dari padang(minangkabau) bukan melayu. Sebenarnya sih budaya indo banyak yg di perkenalkan ke sana makanya sekarang banyak orang malay bisa menirukan budaya indo karena di ajari langsung oleh orang" indo yg ke malay(pada jaman dulu) makanya mereka bilang itu milik mereka padahal mereka belum mencari tau fakta nya.

      1. raihan arya

        +Katak Hijau Kurang ngerti saya dengan penjelasan nya. Tapi saya lihat anda mengatakan bangga yah? Atau saya yg salah. Btw anda orang indo kah ?

      2. Katak Hijau

        Itu suatu ketika dahulu orang minang dan orang melayu berjiran di sumatra.. sebelum orang melayu datang ke tanah melaka.. itu melayu deli dan lain lain melayu di sumatra dan kalimantan itu aja banga bila lihat bangsa nya melayu udah ada negara sendiri.. salam dari melayu aceh..

    68. aniq nazmi

      motif nak gaduh? cuba kenangkan sejarah dahulu peristiwa riau johor sejarah 🇮🇩 dan 🇲🇾.... apa korang suka? negara luar tengok negra yg serumpun bergado?....xperlu nak claim apa2..... igt satu pekra je kehdiran itu semua milik allah bukn milik 🇮🇩 ataupun 🇲🇾 ap yg berlaku kehndak allah... rendang terjdi kehndk allah kerna allah yg mmberi kita idea tuk melakuknnya allah yg berikn kita idea tuk melakukan batik... jgn kerna korg claim gaduh sana sini gaduh kerna isu bndera terbalik korg kne igt manusia tak pernh lari dri kesilpn... jgn kerna seorg semua berpecah belah... igt hukuman memutuskn silaturahim sesama islam igt hukuman bermusuhan sesama islam.... adakah kalian nak tergolong dlm kaum munafik?... jadi munasabah lah diri baik 🇮🇩 dan 🇲🇾..... satukan kembali negra serumpun negra islam....jgn ad bermusuhan....negra 🇮🇩 dlm kesusahn 🇲🇾 bantu... 🇲🇾 dlm kesusahn 🇮🇩 bantu.... jadi sebgai kaum mukmin bersatu lah kembli buang lah permusuhan igt allah....🇲🇾 dan 🇮🇩 negra yg serumpun....

    69. KEBAL MERAH

      Sebab Kita Semua Dari Asal Usul Bangsa Melayu!

    70. Farhan Dika

      Kurang baca ntuh mbak2nya.

    71. Sense Sudirman

      Maaf klo 👎soalnya benci sma orang Malay (rakus orang ya) Udah berapa kli budaya Indonesia menjadi sebagian budaya resmi Malaysia tanpa bukti yang nyata....

    72. milea adnan husein

      Semuanya milik malaysia -_-

    73. akmal hafizh

      Nihonggo manttapu harus mengalah karna tidak mau ada gaduh pas di 2 cewek tai

    74. akmal hafizh

      Kasian malaysia tukang nge klaim jadi di tag nya maling

    75. No'eL M

      Jd intinya mksd mereka: krn "ada" orang jawa d malaysia,maka budaya Batik milik malaysia juga.. Berbalik d indonesia. krn d indonesia "ada" orang Cina,bkn brati indonesia bs claim Barongsai itu milik indonesia.. Krn "ada" orang arab di indonesia, bkn brati Sorban bs d claim milik indonesia.. Krn "ada" orang india d indonesia, bkn brati busana Sari dan Punjabi bs d claim milik indonesia.. #think

    76. Ninja Nazif

      Rendang bukan milik sapa2 pon.Semua org boleh buat. Kita yang fikir terlebih

    77. izakdyarza

      ak pgn punya kwn org luar :(

    78. m ikbal ss

      Gua dari mana ?

    79. MUHAMAD YAFI

      Gomong r aja gak bisa

    80. 666 696

      Dragon ball..naruto..doremon..smuanya dari indunesia#doneclaim wkwkwkw

    81. Alansyah Putra

      Kao pikir rendang dari malingdog awak dari Minangkabau awak Ndak tarimo rendang dari malingdog

    82. Rina Rosmiati

      Jd rame gini vrooohhhh, cuma gara2 rendang dan batik doank kan ? Giliran Uighur di bantai diem2 aaeee, ga ada yg nyolot2 kaya disini tuh. No need to be a MUSLIM to care for UIGHUR, just be HUMAN

    83. joyboy joker

      Maling ditanya hahahahaq

    84. Omy Diputra

      Jadi tuh.. Menurut saya karna sama sama melayu.. Jdi memiliki hampir sama budaya... Seperti membuat dodol di hari sebelum hari raya... Di Indonesia ada di Malaysia juga ada...... Tapi klo budaya tari.. Tak boleh sama boy... Wkwk

    85. wildana sabaruddin

      Kalo gak salah aku pernah ke museum textile malaysia yg dekat masjid jamek. Nah disitu ada kok dijelaskan asal usul batik malaysia. Dari yg sya lihat batik malaysia memang beda bisa dilihat dari corak dan cara pembuatannya. Jadi kalo mau bilang mereka klaim. Gak juga sih soalnya mmg benar mereka punya history sendiri.

    86. Safwan Wan

      Nenek moyang aku ajar...dulu xde indonesia malaysia...tanah melayu dari filipine indonesia selatan thai brunei singapore adalah 1 tanah bani tamin akan menjadi pengikut al mahdi...kita semua dipecahkan dgn penjajah dan dijadikan bolder...harap kita semua bersatu semula ...yg suka bergaduh itu mungkin ideologi penjajah masih kuat....

    87. abousaqib

      Asalnya dari Nusantara..kita semua lah nusantara..buat apa nak gaduh..kita serumpun..kafir pasti senang jika kita terus berantakan

    88. Muhammad Badiuzzaman Sulaiman Here

      rendang dan batik bukan milik mana2 kalau Allah tak izinkan negara indonesia dan malaysia wujud sampai apa pun tak akan ada penyataan rendang dan batik dari mana.

    89. Ariyan Pagera

      yang bikin ga suka itu klau bilangnya batik dan rendang itu sejatinya dari malaysia nah orang malaysia kan bilang kalau di malaysia juga ada berarti sama sama ada cuma asal usunya dari indonesia

    90. Muhammad Habib

      Benda mcm ni pun nk jadi isu ka ??? Batik dengan rendang ?? 🤣🤣🤣😂😂. Aduuhh... pakai saja la kain batik sapa punya pun. Apa yg nk gaduh2 tuduh claim2 bagai. Boleh nampak tahap IQ orang indon mcm mana sekarang. Mcm budak2 🤣🤣🤣😂.

    91. Nur Shereen

      Good content. Love from malaysia.💞

    92. Firdaus Ghafar

      Rendang Tu asal nya Dari org minang

    93. Tu Ady Channel

      logat malay lucu

    94. Riomsdd

      5:30 jawaban ter the best dan cerdas

    95. nizar akbar

      Kita gak boleh bilang malaysia klaim budaya indonesia kan kedua negara ini serumpun lagian kalau budaya indo udh di daftarin ke UNESCO juga gak bakal di bilang punya malaysia damaii indo-malay

    96. Meller Ananta

      negara give away aja belagu :v kalian tidak paham kenapa kita marah budaya kita di klaim.... karena kita mendapatkan negri ini dengan darah!! .. kita memerdekakan negri ini dengan berjuang.... dengan berperang... melawan senjata mesin Vs bambu runcing.... kalian negara give away dari negara lain mana mungkin bisa memahami perjuangan negara kami.... se enaknya aja main claim.... argumentasi kalian ttg batik n rendang dari video diatas tu sangat rendah.... -_-

    97. Muhamad Rayhan Zaen

      Intronya sangat nice

    98. L kim

      negara yg suk klaim milik orng, kya lgu2 di indonesia yg di klaim sama mlysia haha lucu bngtt gk mengakuii . klo batik itu asal dri indo. jgn so tau

    99. Danu Unad

      Malaysia itu terletak di sebelah mana ya??? Kog saya baru denger nama malaysia..!!!!

    100. Ajun Wu

      kalau kalian sudah lama tinggal di malaysia disana bnyk orang indonesia ada suku minang,jawa,bugis dll